Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk 10 Besar Penjualan Mitsubishi Global

Kompas.com - 02/08/2017, 17:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif – Indonesia benar-benar menjadi salah satu pasar penting untuk Mitsubishi Motors. Dilihat dari data penjualan aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi semester pertama 2017, Indonesia masuk urutan ke-6 sebagai kontributor terbanyak di dunia untuk merek tiga berlian.

Rangking lengkapnya, dari yang terbesar adalah Amerika Serikat. Lalu disusul China, Jepang, Australia, Filipina, Indonesia, Thailand, Jerman, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab.

Mitsubishi Motors menjual 494.303 unit mobil di seluruh dunia pada semester pertama tahun ini, atau naik 2,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu berkat penjualan Kei Car di Jepang.

Peningkatan penjualan juga terlihat dari pertumbungan yang kuat di China, seiring diluncurkannya Outlander yang diproduksi lokal. Sementara peningkatan penjualan di Asia Tenggara juga tinggi atas permintaan SUV dan pikap.

Andai nanti ditambah dengan penjualan Expander, Indonesia dipastikan menambah kontribusi penjualan Mitsubishi secara global.

Renault-Nissan
Bagaimanadengan anggota aliansi lainnya? Groupe Renault menjual 1.879.288 kendaraan pada semester pertama 2017, atau melesat 10,4 persen di pasar yang tumbuh 2,6 persen. Merek Renault dan Dacia mencatat rekor penjualan tengah tahun, dan Renault menjadi merek kedua yang paling banyak terjual di Eropa.

Selanjutnya, seluruh wilayah meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasarnya. Secara khusus, merek ini mencatatkan kenaikan 19,3 persen dalam penjualan di wilayah Afrika-Timur Tengah dan India, dengan kenaikan 50,5 persen di wilayah Asia Pasifik.

Sementara itu, Nissan Motor Co. Ltd. menjual 2.894.488 mobil dan truk di seluruh dunia, naik 5,6 persen dalam enam bulan pertama tahun ini. Di Jepang dan Eropa, perusahaan berhasil tumbuh 22,9 persen dan 5,7 persen. Infiniti menjual lebih dari 125.000 kendaraan di semester pertama, meningkat sekitar 13 persen pada periode yang sama tahun 2016.

Berikut ranking pasar teratas untuk merek-merek aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi:

10 Teratas Pasar Renault:

1

Perancis

2

Rusia

3

Italia

4

Jerman

5

Spanyol

6

Turki

7

Brasil

8

Iran

9

Inggris Raya

10

Argentina  

10 Teratas Pasar Nissan:

1

Amerika Serikat

2

China

3

Jepang

4

Meksiko

5

Inggris Raya

6

Kanada

7

Rusia

8

Perancis

9

Italia

10

Jerman

10 Teratas Pasar Mitsubishi Motors

1

Amerika Serikat

2

China

3

Jepang

4

Australia

5

Filipina

6

Indonesia

7

Thailand

8

Jerman

9

Inggris Raya

10

Uni Emirat Arab

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com