Kompas.com - 02/08/2017, 13:34 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Membina dan mencari teknisi andal tidak bisa instan. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah punya pola terstruktur, dan inilah puncaknya, mengadu skill para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan dan para service advisor.

Mereka berlomba menjadi yang terbaik dalam Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC). Tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun ke-8, dan babak final dilaksanakan pada 1-2 Agustus 2017 di  Astra Honda Training Center, Jakarta.

Tak kurang dari 23.272 siswa dari 652 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknis Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda ambil bagian. Terpilih 36 siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia untuk melaju di babak final.

Begitulah cara AHM menyiapkan generasi muda demi mencari tenaga kerja yang terampil, inovatif, dan siap di dunia kerja yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Perusahaan ingin memperkuat peran di bidang teknik sepeda motor melalui kompetisi unik siswa SMK. Diharapkan, ajang ini membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dengan perkembangan teknologi mesin sepeda motor di Indonesia," ujar Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division AHM, (2/8/2017).

Ujian praktik di kelas untuk siswa SMK binaan AHM.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ujian praktik di kelas untuk siswa SMK binaan AHM.
Uji kompetensi siswa SMK dilakukan secara tertulis maupun praktik. Saat ujian tulis, peserta diuji pengetahuannya terkait teknologi sepeda motor Honda. Ketika praktik, mereka dinilai keterampilannya terkait mesin, rangka, dan kelistrikan. Siswa juga ditantang kemahirannya menggunakan special tools dan melakukan perawatan motor.

Tiga terbaik akan mendapat hadiah uang tunai serta beasiswa penuh di Politeknik Manufaktur (Polman) Astra. Para finalis juga berkesempatan mengikuti ujian saringan masuk Polman Astra. Mereka-mereka inilah yang bakal menjadi ujung tombak layanan purna jual motor Honda.

Service Advisor
AHM bekerjasama dengan main dealer juga menjaring service advisor terbaik Honda. Mereka ini juga yang akan menjadi garda terdepan bengkel resmi.

Pemenangnya akan berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang Asia Oceania Technical Contest 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.