Kompas.com - 01/08/2017, 17:58 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Milan, KompasOtomotif – Setelah sukses dengan CBR1000RR, Honda siap menelurkan versi telanjangnya, CB1000R versi terbaru. Rumor yang beredar, sepeda motor ini akan melakukan debut di ajang EICMA, Milan, November 2017 mendatang.

Menurut MotorcycleNews.com (MCN), (31/7/2017), inilah versi pembaruan CB1000R pertama sejak menyapa dunia pertama kali pada 2007 silam. Ya, usianya sudah mencapai satu dekade, dan rupanya Honda ingin membangkitkan kembali gairahnya untuk bersaing dengan merek lain.

Jika meluncur, CB1000R akan tarung bebas dengan Yamaha MT-10, BMW S1000R, Suzuki GSX-S1000, atau Kawasaki Z1000. Patut dinanti apa yang menjadi senjata Honda untuk bersaing.

Jika menengok generasi saat ini, CB1000R menggunakan mesin 998 cc 4-silinder segaris berpendingin cairan, atau sama dengan milik CBR1000RR Fireblade.

Jantung mekanis ini mampu menyemburkan tenaga hingga 122 tk @10.000 rpm dan torsi puncak 99 Nm @7.750 rpm. Tenaganya didistribusikan dengan transmisi 6-percepatan.

Frame menggunakan tipe diamond berbahan aluminium, disatukan dengan leyan ayun satu sisi dengan material yang sama. Garpu depan 43 mm fully-adjustable milik Honda Multi Action System (HMAS), dan suspensi belakang monosok yang bisa disetel.

Sistem rem sudah dilengkapi dengan ABS. Paket elektronik sepertinya akan diperbarui, sama seperti CBR1000RR Fireblade versi terbaru, termasuk di antaranya ada mode berkendara, kontrol traksi hingga anti-wheelie. Mesin juga pastinya akan di-upgrade dengan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MCN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.