Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fin Komodo Mengaku Santai dari Ancaman “Wintor”

Kompas.com - 01/08/2017, 07:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Wintor, kendaraan komersial berkubikasi 400cc yang diproduksi PT Velasto Indonesia anak usaha PT Astra Otoparts dari Grup Astra, resmi meramaikan jagad otomotif dalam negeri.

Model yang disebut baru itu, menyasar segmen agricultural special vehicle (ASV) ini, tampak bersinggungan dengan produk asli dalam negeri lain, Fin Komodo, yang sudah sudah lebih dahulu eksis sejak 2008. Namun, Direktur Pemasaran Fin Komodo Dewa Yuniardi menampiknya.

Dirinya menyebut kalau Wintor dan Fin Komodo memiliki sasaran pasar yang berbeda. Jadi secara segmen tidak akan bersaing head to head.

“Sebenarnya berbeda, kami menyasar segmen khusus di mana produk Komodo digunakan biasanya untuk patroli, pengontrol, keliling-keliling perkebunan, juga sebagai kendaraan evakuasi dan pemadam di dalam hutan atau daerah dengan infrastruktur jalan terbatas. Sementara Wintor untuk pengangkutan saja,” ujar Dewa kepada KompasOtomotif, Senin (31/7/2017).

Astra resmi memulai ekspor Wintor ke MalaysiaStanly/KompasOtomotif Astra resmi memulai ekspor Wintor ke Malaysia

Meski begitu, kata Dewa, produk Komodo juga bisa digunakan sebagai penarik muatan, dengan maksimal beban 250 kg, tapi memang tidak disiapkan tempat khusus seperti Wintor, yang sudah tersedia bak di bagian belakangnya.

“Kami memiliki kelebihan soal kenyamanan penumpang juga, karena fokus utamanya di situ,” ujar Dewa.

Saat ini Fin Komodo memiliki kandungan lokal 90 persen, dengan memanfaatkan 40 UKM lokal. Hasil penjualan hanya 120 unit per tahun, dan fasilitas produksinya berlokasi di Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

Fin Komodo merupakan satu mobnas (mobil nasional) dari delapan anggota Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asianusa) yang masih bertahan sampai sekarang. Sementara, merek lain sudah mengibarkan bendera putih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com