TMMIN Pilih Teknologi Hibrida untuk Masa Depan

Kompas.com - 30/07/2017, 09:01 WIB
Camry hibrida masuk dalam daftar sedan terbaik. Toyota/NetcashowCamry hibrida masuk dalam daftar sedan terbaik.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), tidak hanya memproduksi mobil dengan teknologi mesin konvesional. Khusus produk ekspor, sudah membuat mesin etanol, hingga CNG pada Vios.

Ke depan, Indonesia juga sudah mengarah kepada mobil ramah lingkungan, sehingga para produsen harus menyiapkan penggunaan bahan bakar alternatif.

Pemerintah Indonesia juga belum lama ini mengumumkan bahwa akan mendukung kendaraan ramah lingkungan, salah satunya mobil listrik.

TMMIN sebagai produsen yang memproduksi mobil Toyota di Indonesia, dibandingkan teknologi yang ada lebih memilih dengan hibrida.

Baca: Toyota Indonesia Sudah Jual Ribuan Mobil Hibrida

"Karena hibrida itu masa depannya sudah jelas, ujung-ujungnya memang ke listrik, tetapi tidak serumit mobil listrik," kata Warih Andang Tjahjono, President Director PT TMMIN di Jakarta, Jumat (28/7/2017) malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobil listrik, lanjut Warih membutuhkan persiapan yang cukup matang, salah satunya infrastruktur untuk pengirian baterai, belum lagi mengenai daur ulang baterai, dan lain sebagainya.

"Kalaun hibrida itu menggunakan dua mesin, tidak sepenuhnya digerakan oleh listrik, jadi kalau ditanya fokus kami, inginnya ke hibrida," ujar Warih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.