Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMMIN Pilih Teknologi Hibrida untuk Masa Depan

Kompas.com - 30/07/2017, 09:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), tidak hanya memproduksi mobil dengan teknologi mesin konvesional. Khusus produk ekspor, sudah membuat mesin etanol, hingga CNG pada Vios.

Ke depan, Indonesia juga sudah mengarah kepada mobil ramah lingkungan, sehingga para produsen harus menyiapkan penggunaan bahan bakar alternatif.

Pemerintah Indonesia juga belum lama ini mengumumkan bahwa akan mendukung kendaraan ramah lingkungan, salah satunya mobil listrik.

TMMIN sebagai produsen yang memproduksi mobil Toyota di Indonesia, dibandingkan teknologi yang ada lebih memilih dengan hibrida.

Baca: Toyota Indonesia Sudah Jual Ribuan Mobil Hibrida

"Karena hibrida itu masa depannya sudah jelas, ujung-ujungnya memang ke listrik, tetapi tidak serumit mobil listrik," kata Warih Andang Tjahjono, President Director PT TMMIN di Jakarta, Jumat (28/7/2017) malam.

Mobil listrik, lanjut Warih membutuhkan persiapan yang cukup matang, salah satunya infrastruktur untuk pengirian baterai, belum lagi mengenai daur ulang baterai, dan lain sebagainya.

"Kalaun hibrida itu menggunakan dua mesin, tidak sepenuhnya digerakan oleh listrik, jadi kalau ditanya fokus kami, inginnya ke hibrida," ujar Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com