Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2017, 07:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - McLaren Jakarta mengklaim sudah memiliki ratusan konsumen di Indonesia. Meski secara skala masih sangat kecil, tapi bagi sebuah merek sportcar yang baru masuk Indonesia sejak 2013, jumlah itu lumayan, apalagi bila melihat dari kisaran harga yang dipasarkan.

Lalu, siapa sebenarnya para konglomerat yang menjadi sasaran McLaren di Tanah Air. Menjawab hal ini, CEO McLaren Jakarta Irmawan Poedjoadi, menjelaskan bahwa rata-rata pembeli produk McLaren masih berasal dari kalangan komunitas.

Baca : McLaren 720S Sudah Dipesan para Miliarder Indonesia

"Bermain di segmen ini sudah pasti akan lebih ke komunitas, jadi lebih ke konsumen yang memang suka dengan sportcar. Biasanya mereka juga sudah punya unit (sportcar) lain, nah berangkat dari passion itu kita dapat konsumen," ujar Irmawan di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Menurut Irmawan, untuk tahun ini sendiri secara perbandingan pihaknya banyak mendapat pelanggan baru. Artinya para konglomerat yang membeli produk asal Inggris Raya ini, bukan hanya datang dari konsumen setia yang sebelumnya sudah menggunakan produk McLaren.

McLaren 720SStanly/KompasOtomotif McLaren 720S

Menariknya lagi, dari sisi usia terjadi pergeseran. Bila sebelumnya lebih ke konsumen dengan usia mapan, saat ini produk-produk McLaren juga sudah banyak dikonsumsi konsumen dengan umur yang lebih muda.

"Sekarang banyak anak muda sukses sehingga konsumen McLaren di Indonesia bergeser. Ada yang di bawah 30 tahun, ada juga yang usiannya 22 tahun. Untuk tahun ini lebih banyak konsumen baru, jadi bukan konsumen itu lagi (yang sudah punya McLaren), perbandingannya sekitar 60:40 persen lah," ucap Irmawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com