BBM Pertamina Euro IV, Harga akan Naik?

Kompas.com - 25/07/2017, 16:22 WIB
Sejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017). PT Pertamina (Persero) langsung menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 5 Januari 2017. Revisi harga berlaku untuk jenis BBM non-subsidi dengan angka kenaikan sebesar Rp 300. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017). PT Pertamina (Persero) langsung menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 5 Januari 2017. Revisi harga berlaku untuk jenis BBM non-subsidi dengan angka kenaikan sebesar Rp 300.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina (Persero) mengaku berhasil memproduksi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax Turbo dan Pertamax berstandar Euro IV. Kedua BBM yang diolah dari kilang Balongan tersebut diklaim sudah memiliki standar Low Sulfur High Quality.

Meski sudah mulai didistribusikan dalam jumlah terbatas, namun pihak Pertamina menjamin tidak ada perbedaan harga. Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardito, menjelaskan, bahwa harga BBM hingga saat ini masih normal tanpa ada kenaikan.

Baca : Pasokan BBM Pertamina Euro IV Belum Banyak

"Untuk Euro IV pada Pertamax dan Pertamax Turbo sudah mulai dikonsumsi, tapi untuk harga kita tidak bedakan karena kenaikan pada harga BBM itu tetap ada acuannya," kata Adiatma saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (24/7/2017).

Menurut Adiatma, kebijakan dalam mengubah atau menaikan harga BBM tidak hanya karena dari jenis atau kualitas BBM. Namun dilandasi dari dua faktor utama, yakni kurs dolar serta growth dari minyak dunia.

BBM Pertalite sudah muali tersedia di 101 SPBU Stanly/Otomania BBM Pertalite sudah muali tersedia di 101 SPBU

"Bukan berarti sudah Euro IV langsung naik, kita acuannya tetap dari dua faktor itu. Jadi sifatnya memang situasional mengikuti tren, sekarang kedua BBM tersebut (Pertamax dan Pertamax Turbo) sudah ikutin pasaran," ucap Adiatma.

Adiatma menambahkan saat ini Pertamina sedang mendorong program Refinery Development Masterplan Program (RDMP) untuk meningkatkan fasilitas pada kilang. Bila selesai, pada 2023 semua BBM Pertamina sudah ada yang berstandar Euro IV dan V.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X