Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester Dua, Ekspor XMAX Bakal “Booming”

Kompas.com - 20/07/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada paruh pertama 2017, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menjadi "jagoan" ekspor, dan tumbuh 30 persen lebih dibanding 2016. Model NMAX masih menjadi andalan terbesar.

M Abidin, GM Aftersales & Public Relations YIMM mengakui kalau pencapaian kali ini masih disominasi besar oleh NMAX. Namun dirinya menyebutkan, kalau pada semester kedua nanti, pengiriman ekspor juga akan ditunjang oleh XMAX 300.

“Semester kedua nanti ekspor model skutik bongsor Yamaha XMAX akan ‘booming’, dan model ini akan jadi primadona baru. Diperkirakan XMAX mampu mencapai lebih dari 25.000 unit,” ujar Abidin kepada KompasOtomotif, Selasa (18/7/2017).

Untuk negara tujuan, Abidin mengatakan, kalau XMAX akan ditargetkan bakal menyasar daerah-daerah di Eropa, kemudian Taiwan, Jepang, Thailand, dan Australia. Meski begitu, pihak Yamaha berjanji, tidak mengabaikan pasokan di dalam negeri.

“Meski begitu, kami juga tentunya harus fokus memasok XMAX untuk pasar domestik. Permintaan XMAX di Indonesia di luar dugaan kami dan sangat besar jumlahnya, padahal harga lumayan premium,” ujar Abidin.

Selain NMAX yang jualan ekspornya sampai 44.800 unit, membuntuti di belakangnya ada R25 mencapai 13.773 . Kemudian ketiga dan keempat terlaris ada MX King dan All New Soul GT, masing-masing memperoleh angka yang sama yaitu 10.200 unit. 

Ekspor Yamaha Januari-Juni 2017 (diolah dari data AISI).Ghulam/KompasOtomotif Ekspor Yamaha Januari-Juni 2017 (diolah dari data AISI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com