Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Mewah Mercedes-Benz X-Class Telah Lahir

Kompas.com - 19/07/2017, 18:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Masa penantian itu usai. Setelah menunggu sejak 2015 dengan dua konsep, akhirnya pikap mewah Mercedes-Benz X-Class lahir. Merek Jerman itu mengklaimnya sebagai pikap premium pertama di dunia, dan siap dijual di Eropa November 2017 mendatang.

Meski kerap dikaitkan dengan Nissan NP300 Navara karena kerjasama Mercedes-Benz dan Nissan untuk mengembangkannya, tapi tetap saja, X-Class punya detail unik dan punya jati diri sebagai anggota keluarga mobil berlogo bintang tiga sudut.

Di depan, murni ciri khas Mercedes. Mulai dari gril dengan logo yang besar, dipadu lampu utama bentuk C. Sekilas mirip tampang GLA. zDesain bemper mencerminkan sosok yang gagah, tapi juga berkesan luks berkat ornamen krom dan lampu kabut.

Tapi, jika dilihat dari samping dan belakang, masih ada kesan Navara yang melekat, namun sudah sedikit ”dihaluskan” oleh Mercedes-Benz.

Interior
Di dalam, kesan ”Mercy” masih kental, terlihat dari beberapa lubang AC yang membulat, dan ciri khas lainnya macam lingkar kemudi, instrument cluster, dan sistem infotainment COMAND yang diambil dari C-Class serta E-Class.

Beberapa teknologi dari Navara diakui Mercedes-Benz tersemat di tubuh X-Class, termasuk sistem perpindahan gigi, pengatur suhu, kaca, dan kontrol sistem penggerak empat roda.

Interior mencerminkan kualitas premium khas Mercedes-Benz.paultan.org Interior mencerminkan kualitas premium khas Mercedes-Benz.
Tapi tentu saja, sebagai model yang lahir di kelas bangsawan, X-Class mendapat sejumlah ornamen luks. Mulai dari lapisan kulit Artico pada dashboard, jok dengan setelan elektrik, dan berbagai panel yang juga dibalut kulit.

Tipe dan Mesin
Mercedes-Benz menyediakan dua tipe yang bisa dipilih, yakni X 220 d dan X 250 d. Mesin ini bukan berasal dari Jerman, tapi mengadopsi mesin Renault 2.300 cc 4-silinder yang juga ditemukan di balik kap Navara di beberapa kawasan. Tenaganya mencapai 163 tk pada X 220 dan dan 190 tk pada tipe X 250 d.

Ada lagi pilihan mesin bensin bertenaga 165 tk yang tersedia untuk pasar di Timur Tengah. Sepertinya, Mercedes-Benz menggunakan mesin QR25 2.500 cc naturally-aspirated pinjaman dari Nissan Teana.

Bagian belakang dan samping, sedikit mirip Nissan Navara NP300.paultan.org Bagian belakang dan samping, sedikit mirip Nissan Navara NP300.
Semua model dipasangkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan, lalu model diesel tersedia dengan tipe 4X4. Pilihan transmisi lain adalah 7-speed otomatik.

Setelah model-model itu dipasarkan, akan menyusul X 350 yang akan ditawarkan dengan mesin Mercedes-Benz 3.000 cc turbo V6 yang memproduksi tenaga 258 tk dan torsi 550 Nm. Model ini akan dipasangkan dengan transmisi 7-speed 7G-Tronic Plus auto dan 4Matic all-wheel drive.

Seperti kendaraan Mercy pada umumnya, fitur keselamatan menjadi prioritas. X-Class sudah dilengkapi dengan tujuh kantung udara, juga fitur Active Brake Assist, Lane Keeping Assist, dan Traffic Sign Assist.

Lainnya, juga ada fitur Trailer Stability Assist, monitor tyekanan ban, sistem darurat, kontrol kecepatan, dan kamera 360 derajat.

Setelah Eropa, X-Class akan ditawarkan di Afrika Selatan, Australia, dan Selandia BAru awal tahun depan. Lalu menyusul Argentina serta Brazil pada 2019. Di Jerman, mobil ini dibanderol mulai 37.294 Euro, atau setara Rp 572 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com