Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecanggihan Audi A8 Terbaru Tantang S-Class dan Seri-7

Kompas.com - 14/07/2017, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autocar

Munich, KompasOtomotif – Generasi keempat Eudi A8 meluncur dengan desain dan karakter yang berubah drastis. Audi benar-benar sangat serius menantang para rival di kelasnya macam BMW Seri 7, Mercedes-Benz S-Class, hingga Lexus LS.

A8 dibangun di atas platfom MLB yang berevolusi, sama seperti yang dipakai SQ7. Audi mengklaim bahwa A8 akan menjadi seri produksi pertama mobil jalanan yang dikembangkan sebagai ”highly automated driving”, menunjukkan bahwa pabrikan Jerman itu serius masuk di dunia semi otonomos.

Sorotan fitur menariknya adalah opsi Traffic Jam Pilot. Sistem ini menggunakan 41 macam fungsi asisten untuk pengemudi, yang bisa mengambil alih pengendaraan pada saat macet, atau melaju sampai 50 kpj. Sistem itu dibantu berbagai peranti macam kamera, radar, hingga sensor ultrasonik.

Interior Audi A8 dengan filosofi modern tapi bersih.Autocar Interior Audi A8 dengan filosofi modern tapi bersih.
Evolusi Desain
A8 yang punya kode nama D5, mengikuti bahasa desain baru. Sepintas, para desainer mencomot aura konsep Audi Prologue, termasuk pada gril, garis bodi, sampai alur nyala lampu belakang yang sangat futuristik, berteknologi OLED.

Penggunaan aluminium makin banyak, diklaim mencapai 58 persen secara keseluruhan. Unsur pada bodi juga menggunakan baja, magnesium, serta karbon fiber.

Di dalam, Audi mengadopsi nuansa bersih yang kontemporer pada dashboard dengan setir multifungsi dan kontrol sentuh pada panel. Sistem Multi-Media Interface (MMI) diperbaiki, menampilkan dua layar terpisah, masing-masing berukuran 10,1 inci dan 8,6 inci.

Desain belakang Audi A8 terbaru, dengan nyalam lampu yang sangat menarik.Autocar Desain belakang Audi A8 terbaru, dengan nyalam lampu yang sangat menarik.
Ada dua pilihan mesin turbocharged V6. Pertama, mesin bensin 3.000 cc TFSI bertenaga 339 tk, dan lainnya 3.000 cc diesel bertenaga 271 tk. Keduanya digabungkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin itu dikolaborasikan dengan sistem elektrikan 48 V, menjalankan fugsi mild hybrid. Pilihan mesin besarnya adalah 6.000 cc bensin W12 dengan tenaga 593 tk.

A8 juga punya suspensi aktif, mirip pada Magic Body Control system pada S-Class. Sistem ini menggunakan kamera pada kaca yang mampu menganalisa 18 kali per detik, demi menyesuaikan pantulan dan tingkat kenyamanan pada karakter suspensi.

Bersama dengan Traffic Jam Pilot, peranti canggih lain adalah Remote Parking Pilot and Remote Garage Pilot, yang bisa dioperasikan via ponsel pintar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autocar

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com