Kompas.com - 13/07/2017, 10:27 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pabrik SGMW Motor Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, dirancang menggunakan Global Manufacturing System (GMS) standar dari General Motors. Salah satu kecanggihannya yaitu penggunaan robot sebagai pengganti kerja manusia.

Adrianus Adjie, Manufacture Engineer Director SGMW Motor Indonesia, menjelaskan, Selasa (11/7/2017), pabrik memiliki kadar otomatisasi berkisar 30 – 40 persen.

Pabrik punya empat fasilitas produksi, yaitu press shop sebagai area stamping atau produksi komponen logam, body shop atau welding (pengelasan) untuk menyatukan komponen logam, paint shop yang jadi tempat pewarnaan sekaligus perlindungan bodi, dan perakitan.

Proses stamping sudah sepenuhnya otomatis. Menghasilkan panel bodi luar yang besar hanya dalam satu tekanan. Di area ini juga dilengkai sistem pemindahan komponen oleh robot, kecepatannya 14 komponen per menit.

Pada fasilitas pengelasan dikerjakan oleh robot FANUC sedangkan peralatannya memakai OBARA Welding Equipments. Prosesnya memakai pengukuran tiga dimensi Coordinate Measuring Maching (CMM).

Pada proses pengecatan, suhu dan kelembapan ruangan, serta kebersihannya diatur sedemikian rupa agar bebas dari kontaminasi udara luar. Pengecatannya mengaplikasikan proses 3-coat 1-bake atau tiga lapisan sekaligus dengan satu kali pengeringan.

Pabrik perakitan SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) di Bekasi, Jawa Barat.Febri Ardani/KompasOtomotif Pabrik perakitan SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) di Bekasi, Jawa Barat.
Para area perakitan, robot digunakan pada proses pelapisan kaca dan pengisian cairan mobil seperti cairan rem, radiator, dan refrigerant. Atlas Copco dipakai untuk proses pengencangan. Dari area ini, setiap unit bakal diuji dengan mekanisme Burke E Porter DVT atau Dynamic Vehicle Test. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.