Toyota Menggembleng UMKM di Jateng

Kompas.com - 12/07/2017, 12:13 WIB
Menyerap komponen yang diproduksi di Indonesia (lokal) sampai 80 persen. Ghulam M/KompasOtomotifMenyerap komponen yang diproduksi di Indonesia (lokal) sampai 80 persen.
|
EditorAgung Kurniawan


Semarang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia berencana menggembleng sumber daya manusia para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah dan sekitarnya. Mereka akan diberikan pendampingan hingga mereka dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas produksi.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono mengatakan, pelaku usaha UMKM yang didampingi adalah yang bergerak di sektor otomotif. Untuk tahap awal, UMKM yang dibina berjumlah 92 unit.

"Penggembangan industri UMKM akan kami bantu kembangkan. Kami punya SDM dan fasilitas. Nanti kita lihat dari mapping awal, berapa UMKM yang memenuhi syarat untuk didampingi dan memiliki prospek untuk maju," kata Andang, di Semarang, Selasa (11/7/2017).

Andang bersama tim Toyota Indonesia menawarkan bantuan pendampingan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Selanjutnya, pelaku UMKM yang terpilih akan diambil perwakilan untuk mendapat pendidikan di pusat training di Jakarta. Perwakilan itu nantinya yang akan menularkan hasil latihan ke tenaga kerja yang lainnya.

Audiensi Toyota Motor di kompleks Gubernur Jateng di Semarang, Selasa (11/7/2017)Kompascom/Nazar Nurdin Audiensi Toyota Motor di kompleks Gubernur Jateng di Semarang, Selasa (11/7/2017)

Adapun materi yang diberikan antera lain pengembangan industri, efisiensi produksi, manajemen, dan pemasaran. "Nanti secara berkala tim dari Toyota akan datang untuk melihat perkembangan sekaligus melakukan evaluasi," tambahnya.

Untuk saat ini, Toyota telah melakukan pendampingan di Tegal dan di Ceper, Klaten yang bergerak di bidang pengecoran dan equipment tolling. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengapresiasi niat Toyota berinvestasi di Jateng. Dia berharap agar Toyota mampu memaksimalkan local content sehingga mampu diserap dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

"Kebangetan kalau Toyota tidak kerjasama dengan Jawa Tengah, di sini ada potensi manusia dan segala yang dibutuhkan," ujarnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.