Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Hasil Kolaborasi Bosch Siap Produksi

Kompas.com - 07/07/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Setelah mengejutkan pasar dalam negeri awal Juni 2017 lalu, dengan menghadirkan skuter listrik bersama dengan produsen motor lokal Viar, Bosch di negeri asalnya juga punya mobil listrik, yang disebut e.Go Life.

Meski belum dipasarkan, melansir Autoexpress, Kamis (6/7/2017) informasi soal harga sudah bocor, di mana banderolnya mulai dari 15.999 euro atau Rp 243 juta. Mobil listrik kecil ini juga diklaim memiliki kemampuan tempuh mencapai 80 mil, untuk satu kali pengisian.

Baca juga : Ditelikung Viar Jualan Motor Listrik, Ini Kata Honda

Sesuai rencana, E.Go disebut bakal diproduksi di Jerman tahun depan, dengan volume awal sebesar 1.000 unit mobil. Namun, dari informasi salah satu pihak Bosch, mereka bahkan ingin memproduksi 10.000 mobil dalam waktu dekat.

Mobil listrik Bosch.Autocar.co.uk Mobil listrik Bosch.

Bosch, yang terkenal sebagai salah satu perusahan pemasok komponen otomotif besar di dunia, sudah mengembangkan powertrain listrik untuk kendaraan tersebut, dan mengatakan kalau platformnya terukur. Baterai dan motor 48 volt yang diberi Daya, telah diadopsi dari kendaraan yang ada.

Karena model tersebut hanya mengandalkan motor DC 10.5kW  dan berasal dari sistem 48V, Bosch tidak memerlukan litbang atau investasi yang besar, sehingga biaya dapat dijaga tetap rendah. Baterai lithium 14.4kWh berbobot sekitar 90kg, bisa diisi dalam waktu lima setengah jam. Meskipun kisaran awal diperkirakan 80 mil, sistem extender bisa membuat rentang tempuhnya sampai 105 mil.

Baca juga : Skuter Listrik Viar Akhirnya Meluncur, Harga Rp 16,2 juta

Bukan tidak  mungkin kalau mobil Bosch ini akan hadir di dalam negeri, atau bisa saja salah satu pabrikan Tanah Air  mengadopsi teknologi mobil listrik yang dimiliki Bosch, apalagi disebut harganya bisa ditekan rendah, lantaran tak lagi butuh riset dan investasi berlebihan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com