Hyundai Tantang Yaris Terbuas dengan i20 N

Kompas.com - 07/07/2017, 08:22 WIB
Hyundai i20 N Hyundai i20 N
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotif - Banyaknya produk hatchback dengan tenaga mesin besar, membuat Hyundai terpancing untuk meramaikannya. Produsen asal Korea Selatan ini dikabarkan sedang menyiapkan i20 N yang akan menjadi pesaing bagi Ford Fiesta ST, VW Polo GTI, ,dan Yaris GRMN (Gazo Racing MAsters of the Nurburgring).

Dari informasi yang diutarakan Auto Express kepada Carscoops, "N" sendiri melambangkan divisi khusus yang dibuat untuk merancang i20 menjadi lebih bertenga. Dari isu yang berkembang, rencananya i20 N akan mengaplikasi mesin turbocharged berkapasitas 1.600 cc yang dapat memproduksi tenaga hingga 200 tk.

Baca : Hyundai Kona Berstatus "Iron Man"

Selain karena memiliki kompetitor yang cocok, i20 dipilih lantaran latar belakang yang sudah sering digunakan sebagai salah satu model di ajang World Rally Championship. Namun demikian, pihak Hyundai nantinya juga akan mengembangkan divisi N untuk meracik model lainnya sebagai pilihan untuk konsumen.

"Tentu saja, kita tidak membatasi diri pada segmen C? Ada banyak supermini bertenaga besar di luar sana, Polo GTI, Fiesta ST, Peugeot 208, bahkan Toyota sekarang sedang melakukan satu produk baru (Yaris GRMN). Itu artinya ada pasar yang bagus di segmen tersebut," kata Direktur Divisi N Hyundai Albert Biermann.

Hyundai i20 N
Diperkirakan Hyundai i20 N akan diluncurkan usai divisi N selesai menggarap Veloster N dan i30N yang saat ini sedang dikerjakan.

Sekadar informasi, Toyota melengkapi Yaris GRMN dengan mesin 1.800 cc dengan supercharger. Disandingkan dengan transmisi manual enam percepatan, hatchback asal Jepang ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 205 tk.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Carscoops
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X