Spekulasi Wajah Elegan Suzuki Ertiga Baru

Kompas.com - 03/07/2017, 12:46 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

New Delhi, KompasOtomotif – Ketika diperkenalkan pada 2012 silam, lalu mendapat pembaruan wajah pada 2015, sampai saat ini Suzuki Ertiga masih belum berstatus ”all new”. Generasi kedua dari MPV tiga baris jok itu disinyalir sudah dalam tahap finalisasi dan siap meluncur tahun depan.

Spekulasi desain pun muncul, termasuk yang dipublikasikan Adrians Ramadhani, pria asal Indonesia, lalu dikutip berbagai blog dan website otomotif, salah satunya Indianautosblog, (30/6/2017). Rekayasa desain itu memang sebatas imajinasi, namun hasil akhirnya cukup elegan.

Baca: Ertiga Model Baru Sudah di Kantong Suzuki

Desain yang disuguhkan sepintas dari depan terinspirasi dari generasi baru Suzuki Swift. Ini dapat dilihat dari lampu utama dan gril yang senada, namun diberi finishing desain bemper yang mengalir dinamis. Tidak ada gambar yang menunjukkan rendering bagian belakang.

Informasi yang sudah beredar, bahwa generasi baru Ertiga akan berdiri di atas platform baru yang disebut HEARTECT, diambil dari model Swift paling gres. Begitu juga dengan bagian dalam yang konstruksinya beberapa dicomot dari Swift.

Misalnya, dashboard, panel instrumen, lingkar kemudi, dan konsol tengah. Kemungkinan, Suzuki juga memasang smartplay monitor 7 inci layar sentuh.

Platform HEARTECT akan memastikan Ertiga baru akan hemat bobot, menjanjikan kedinamisan berkendara dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Lebih jauh lagi, peranti keamanan bakal lebih baik dengan kerangka bodi yang makin kuat.

Soal mesin bisa apa saja, kemungkinan akan ada pilihan-pilihan mesin baru untuk menggantikan tipe K14B 1.400 cc yang saat ini masih tersemat. Bisa saja memasukkan pilihan K10C 1.000 cc Boosterjet, tapi tantangannya adalah menghadirkan harga yang terjangkau.

Belum ada tanda-tanda pengetesan yang dilakukan Suzuki, namun menurut bocoran dari laporan terdahulu, timeline meluncur model baru Ertiga adalah pertengahan 2018 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.