Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Melorot, Yamaha “Segarkan Warna” Byson dan MX King

Kompas.com - 20/06/2017, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu, Yamaha Byson akhirnya diberikan penyegaran warna baru. Nampaknya, ini jadi salah satu upaya merek berlambang garpu tala ini mersangsang kembali jualan Byson.

Byson kali ini dibalut dengan jenis warna matte, yang diklaim sedang jadi tren saat ini. Beberapa pilihannya ada Matte Red, Matte Brown, Matte Grey, dan dari sisi harga tidak berbeda, masih di angka Rp 22.950.000 OTR Jakarta.

Jika melihat data distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Byson sepanjang Januari-Mei tahun ini dibanding tahun lalu periode sama punya rapor merah, atau anjlok 92,53 persen.

Sepeda motor naked Yamaha ini hanya sanggup terjual sampai 339 unit. Padahal tahu lalu, jumlahnya menyentuh angka 4.476 unit selama lima bulan.

Istimewa MX King warna dan grafis baru.

MX King

Bersamaan dengan Byson, bebek sport Yamaha MX King juga diberi polesan baru dari sisi grafis dan warnanya. Warna baru MX King juga berjenis matte dengan tiga pilihan, mulai dari Matte Black, Matte Red, dan Matte Grey.

Soal grafis, desain tersebut punya nuansa speedy feeling dan menggambarkan airflow downforce. Dari harga, MX King warna dan grafis baru ini tidak berubah, banderolnya sebesar Rp 21.000.000 OTR Jakarta.

Tidak separah Byson, performa distribusi Yamaha MX King hanya turun sampai 20,04 persen di pasar domestik. Meski begitu, angka tersebut masih terbilang besar dan berada di dua digit. Penyumbang penurunan ada di dua bulan pertama 2017, di mana yang terbesar adalah Februari mencapai 59,30 persen, sementara Januari hanya 28,40 persen.

Penjualan sepeda motor memang sedang melorot di lima bulan pertama 2017. Semoga dengan penyegaran ini, industri otomotif roda dua dalam negeri bisa kembali bergairah.

Ghulam/KompasOtomotif (olahan data AISI) Yamaha Byson anjlok sampai 92,43 persen.

Ghulam/KompasOtomotif (olahan data AISI) Jualan Yamaha MX King turun 20,04 persen Januari-Mei 2016 dan 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com