Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta dengan Sinyal Radar untuk Pengemudian Otomatis

Kompas.com - 15/06/2017, 15:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotifBosch bersama penyedia peta dan informasi lalu lintas asal Belanda, TomTom, mencapai terobosan dalam pengembangan peta beresolusi tinggi untuk pengemudian otomatis. Mereka menjadi perusahaan pertama di dunia yang menciptakan susunan lokasi menggunakan sinyal radar, dan diklaim akan sangat diperlukan di masa depan.

Selama ini, data video banyak digunakan untuk kebutuhan ini. Radar road signature (RRS) dari Bosch terdiri dari miliaran titik refleksi individu. Titik tersebut terbentuk di berbagai tempat yang terkena sinyal radar, seperti pada penghalang jalan atau rambu lalu lintas, yang akan mereproduksi jalur untuk mencapai suatu tujuan.

Kendaraan otomatis (swakemudi) dapat menggunakan peta tersebut untuk menentukan lokasi secara tepat dan sebuah jalur, bahkan hingga perbedaan beberapa sentimeter saja.

”RRS menjadi tonggak penting dalam upaya menuju pengemudian otomatis. Teknologi ini memungkinkan kendaraan otomatis menentukan lokasi mereka secara akurat setiap saat,” ucap anggota dewan manajemen Bosch Dr. Dirk Hoheisel.

Keunggulan
Keunggulan terbesar dari RRS milik Bosch adalah kekuatannya, tidak seperti peta biasa yang hanya mengandalkan data video untuk melokalisasi kendaraan. RRS juga dapat bekerja secara akurat pada malam hari, serta saat mobil berada dalam jarak pandang terbatas.

Selain itu, sistem ini hanya mengirimkan data sebesar 5 KB per kilometer ke cloud, atau volume data ini dua kali lebih tinggi ketimbang menggunakan peta video. Diharapkan, paling lambat 2020, kendaraan-kendaraan pertama yang hadir akan menyediakan data untuk RRS di Eropa dan Amerika Serikat.

BOSCH Diciptakan road radar signature yang akan lebih akurat memandu mobil otonomos.
Tantangan utamanya saat mengembangkannya adalah menemukan cara mengadaptasi sensor radar yang sudah ada untuk kebutuhan ini. Ketika digunakan dalam sistem kemudi berbantu seperti sistem pengereman darurat otomatis, adaptive cruise control (ACC), sensor akan mendeteksi benda bergerak.

Namun, untuk dapat menghasilkan RRS, sensor juga harus bisa mendeteksi benda-benda statis - artinya, sensor radar yang sudah ada harus dimodifikasi. Sensor radar Bosch generasi selanjutnya akan mampu menyediakan data yang dibutuhkan radar road signature.

Kebutuhan
”Di masa depan, mobil-mobil yang tersedia di pasaran akan dilengkapi fungsi bantuan yang akan menjalankan peta bagi kendaraan otomatis,” ujar Hoheisel.

Satu juta kendaraan akan menjaga peta beresolusi tinggi tetap up to date. Peta beresolusi tinggi sangat penting untuk pengemudian otomatis dan memberikan informasi melampaui area yang dapat dipantau oleh sensor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com