Kemenhub Ubah Jembatan Timbang Jadi "Rest Area"

Kompas.com - 13/06/2017, 13:43 WIB
Jembatan Timbang dialih fungsikan menjadi rest area selama mudik mudik dan arus balik 2017 Stanly/KompasOtomotifJembatan Timbang dialih fungsikan menjadi rest area selama mudik mudik dan arus balik 2017
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mendekati arus mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) siap memberikan kelancaran dengan pembatasan operasional mobil barang tiga sumbu di jalan tol. Rencananya aturan ini akan diberlakukan mulai H-7 hingga H+7.

Baca : Mudik Jangan Terlena dengan Akses Tol Baru

Tidak hanya itu, untuk mengoptimalkan layanan dan fasilitas sepanjang arus mudik, Kemenhub juga membuat posko istirahat di beberapa lokasi jembatan timbang.

"Selama arus mudik, jembatan timbang akan digati fungsinya menjadi tempat peristirahatan," ucap Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, saat memantau kesiapan arus mudik di Cikopo beberapa waktu lalu.

Menurut Pudji, fasilitas ini akan berlaku di semua jembatan timbang yang tersebar di jalur utara dan selatan. Untuk fasilitas yang disediakan di antaranya adalah, tempat beribadah, toilet, lahan parkir, area beristirahat, sampai warung yang akan menjajakan makanan.

KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO Sistem buka tutup untuk mengatasi kemacetan kendaraan di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran.
Baca : Jelang mudik, 39 Persen Bus Dinyatakan Tak Laik Jalan

Sampai saat ini, seluruh kesiapan jembatan timbang yang dirombak menjadi rest area sudah mencapai 80 persen lebih. Diproyeksikan seluruhnya bakal siap pada H-7 jelang arus mudik.

"Untuk Pantura dan Selatan total kami punya 25 titik jembatan timbang. Semua sudah siap menjadi rest area, kemungkinan juga akan ada kios untuk BBM sehingga pemudik bisa beli bensin, sampai saat ini kita masih kordinasi dengan Pertamina. Kita himbau masyarakat yang mudik untuk memanfaatkan fasilitas ini, sehingga tidak perlu repot mengantri di rest area atau rumah makan lainnya," kata Pudji.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X