Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbuan Otomotif China, Tata Motors Santai

Kompas.com - 13/06/2017, 03:50 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain merek asal China Wuling yang menjadi pemain baru di segmen mobil penumpang, ternyata ada lagi Dongfeng yang baru saja menampakkan diri ke depan publik, pada ajang Jakarta Fair Kemayoran 2017.

Berbeda dengan rekannya Wuling, Dongfeng menggarap segmen kendaraan niaga kecil atau pikap. Penjualannya saat ini dipegang oleh PT Sentra Multi Karya, yang akan memasarkan Supercab dengan mesin 1.3L diesel common rail dan bensin 1.5L.

Menanggapi hal tersebut, di mana Tata juga bermain di segmen yang sama dengan model Tata Super Ace, merek asal India ini tak mau ambil pusing. Malah, mereka menyebut ini merupakan sesuatu yang positif, di mana akan menumbuhkan kompetisi dan merek-merek akan semakin lebih baik.

Baca juga : Satu Lagi Mobil China Mulai Jualan di Jakarta Fair 2017

“Soal persaingan, singkatnya secara resmi tidak menangapi persaingan dari merek China, Jepang atau Eeropa, tapi kami lebih fokus untuk melayani konsumen Tata yang sudah ada di Indonesia. Mulai dari suku cadang, service, dan produk yang berkualitas, kami ingin menyediakan dukungan penuh,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, Senin (12/6/2017).

Biswadev menambahkan, kedatangan merek-merek asal China ini juga menjadi tanda, kalau Indonesia merupakan pasar potensial baru pabrikan otomotif. Tentunya ini akan bagus untuk kompetisi dan diversifikasi produk di segmen ini.

“Kami sangat yakin, bakal semakin banyak lagi merek-merek yang akan masuk ke sini. Mengapa itu bisa terjadi? Karena memang ini pasar penting dan besar, serta punya potensi yang tinggi, sehingga merangsang pabrikan untuk datang,” ujar Biswadev.

Setelah kedatangan rival baru dari merek Jepang Daihatsi Hi-Max, kali ini lahan Tata Motors di segmen pikap kembali diganggu oleh merek asal China, Dongfeng.  Namun, menarik untuk diperhatikan, seberapa kuat merek China itu bertahan di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com