Inden Yamaha NMAX dan Aerox 155 Juga Terjadi di Dunia

Kompas.com - 12/06/2017, 12:40 WIB
Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yamaha NMAX Vs Aerox 155

Jakarta, KompasOtomotif – Buat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tahun ini bisa menjadi tahun yang hectic, supersibuk, dan bisa jadi paling menegangkan. Situasi ini tak lain disebabkan karena dua model yang saling kejar-kejaran indennya, NMAX dan Aerox 155.

Bahkan saat eksis lagi dalam ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 di JI Expo, Jakarta Pusat, model-model baru YIMM macam X-Ride 125 yang baru diluncurkan tetap saja kalah pamor. Wakil Presiden Eksekutif YIMM Dyonisius Beti pun mengakuinya.

”Sekarang lagi seru NMAX dan Aerox (155). Tidak ada yang lebih seru ketimbang dua model ini. XMAX kemarin juga banyak sekali inden. Kapasitas kami belum cukup, permintaan melebihi harapan pasar,” ujar Dyon (9/6/2017), di JI Expo, Kemayoran.

NMAX misalnya, di awal, lanjut Dyon, prediksi hanya 5.000-an unit, tapi rupanya tak cukup. Ditambah jadi 10.000-an unit, kembali tak cukup. Lalu sampai tembus 15.000 dan 25.000-an unit pun, belum juga cukup. Kapasitas pabrik overload dan diakui sudah jalankan tiga shift.

”Masalanya begini, NMAX tidak hanya booming di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Indonesia jadi basis produksi. Permintaan tinggi sekali, di Jepang, Filipina, Vietnam, Eropa, semuanya inden,” ujar Dyon.

Lalu datanglah Aerox 155 yang juga di luar ekspektasi. Model ini pun ikut menyesakkan line produksi karena permintaan membumbung. Bahkan YIMM pernah menyatakan dua model ini harus gantian saling berproduksi untuk memenuhi permintaan.

Tambah Kapasitas
Dyonmenyatakan bahwa usai Lebaran 2017 ini, pihaknya akan mulai meningkatkan kapasitas produksi pelan-pelan. Hal ini karena dilakukan untuk mengejar produksi pada bulan Ramadhan yang sangat rendah, atau hanya setengah dari kapasitas produksi.

Diakui, bahwa YIMM benar-benar salah prediksi. Dyon menyatakan bahwa pada mulanya, pasar NMAX dan Aerox 155 tidak terlalu besar. Bakal berkembang iya, tapi tidak bisa mengalahkan bebek, mio, atau lainnya.

”Ternyata tidak seperti demikian. Kalau menaikan kapasitas langsung? Sepertinya perlu waktu,” ujar Dyon.

So, buat para penginden NMAX dan Aerox 155 VVA, bersabarlah. Karena memang benar, seperti banyak candaan, tidak ada yang lebih seru ketimbang menunggu indenan yang mengular.


EditorAgung Kurniawan

Close Ads X