Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Agus, “Tukang Stiker” Mobil Formula 2 Sean Gelael

Kompas.com - 12/06/2017, 04:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasangkan stiker di tubuh mobil-mobil penumpang yang ada, bagi para “tukang stiker” mungkin sudah di luar kepala.  Namun, lain cerita tentu jika proyeknya adalan mobil balap Formula.

Inilah yang menjadi kenangan, dan dianggap jadi prestasi sendiri oleh Agus Maksum, pemilik Si Mbah Stiker. Apa yang dialaminya ibarat “kejatuhan durian rutuh”, mendapatkan kesempatan untuk menggarap stiker mobil Formula2 milik Sean Gelael.

Agus bahkan tak pernah menyangka, atau bahkan tidak juga sempat bermimpi melakukan hal tersebut. Tentu ini menjadi kisah indah Agus sepanjang karirnya di dunia stiker, yang digelutinya sejak 1999.

“Kesannya, tentu yang namanya mobil Formula kan tidak semua orang bisa menempel stiker di situ. Bagi saya itu suatu kebanggaan tersediri, dan karena itu saya sangat berterima kasih sekali, ini menjadi sebuah prestasi pastinya,” ujar Agus saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (5/6/2017).

PERTAMINA ARDEN Pebalap Indonesia, Sean Gelael, berpose di samping mobil tim Pertamina Arden yang akan dia pakai pada Formula 2 2017.

Kesulitannya

Karena medianya atau bentuk tubuh mobil Formula2 itu tidak seperti mobil pada umumnya, seperti yang setiap hari dikerjakan, Agus tidak malu mengaku kalau dirinya menemukan kesulitan. Namun itu dianggap sebagai sebuah tantangan, meskipun harus ditebusnya dengan kerja keras selama dua hari tiga malam.

“Kesulitan pastinya, karena media tempelnya tidak umum. Kalau seperti mobil penumpang biasa sudah hampir setiap hari ketemu, kalau mobil balap Sean Gelael itu seumur hidup baru ketemu sekali ini,” tutur Agus.

Selama pengerjaannya, Agus juga dibantu oleh tiga orang rekannya, yang disebut sudah diseleksi skill-nya. “Iya alhamdulillah puas dengan hasilnya. Saya dibantu tiga orang lainnya, itupun dipilih terlebih dahulu orang yang benar-benar kompeten, dan bisa perfect mengerjakan proyek ini, dari tim saya juga,” ucap Agus.

Si Mbah Stiker Proses pemasangan stiker mobil Formula2 Sean Gelael.

Berapa Biayanya?

Untuk urusan ini, ternyata Agus tak mau bersuara. Namun katanya, ongkos yang diterimanya lebih besar dari harga pada umumnya. Walaupun ditanyakan berulang-ulang, dengan berbagai metode “pengorekan” informasi ala wartawan lapangan, Agus tak terpancing menyebutkan angka nominalnya.

“Ada deh, yah cukuplah. Terpenting adalah kami bisa mengerjakan full body untuk stiker mobil Formula 2, dan itu merupakan suatu kebanggaan, itu yang nomor satu. Kalau dari masalah materi itu nomor dua, tapi memang bayarannya cukup spesial, juga lebih dari harga standarnya,” tutu Agus.

Sean Gelael sendiri merupakan pebalap muda Indonesia berusia 20 tahun. Selain Rio Haryanto, dirinyalah yang kemudian masih mencoba meraih kesuksesan di cabang olahraga ini.

Musim 2017 ini, pemilik nama lengkap Muhammad Sean Ricardo Gelael, bukan hanya mewakili Indonesia dalam ajang Formula 2, tapi juga menjadi pebalap tes (test driver) di salah satu tim Formula 1, Scuderia Toro Rosso.

Si Mbah Stiker Proses pemasangan stiker di mobil Formula 2 Sean Gelael.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com