Curhatan Hino soal Regulasi Emisi Euro IV

Kompas.com - 11/06/2017, 17:45 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah berwacana menerapkan standar emisi Euro IV di Indonesia. Tak hanya untuk kendaaran penumpang, kelak aturan itu juga membidik kendaraan komersial. Hino pun ”berteriak”, menyangsikan kesiapan pemerintah jika diberlakukan dalam waktu dekat.

Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), (6/6/2017), di Jakarta, menanyakan arah pemerintah memberlakukan batasan emisi ini. ”Kalau di situ tercantum, bahwa setelah disahkan langsung diterapkan, siap nggak?” ujarnya.

Maksudnya, Santiko menanyakan soal infrastruktur untuk mendukung standar emisi Euro IV. Mulai dari bahan bakar yang mendukung, dalam hal ini solar yang digunakan kebanyakan pemain kendaraan niaga. Kendati demikian, jika ditanya apakah Hino siap, dengan tegas dirinya mengatakan ”ya”.

”Tapi, kami ingin aturan yang jelas, reasonable. Kami kan bukan importir, kami punya orang 2.500 orang di Cikampek, Hino Motor Manufacturing Indonesia. Produksi Indonesia, kan butuh persiapan. Koordinasi lah antara pemerintah dan produsen supaya inline,” ujar Santiko.

Dirinya meyaikini bahwa untuk mengubah standar emisi tak semudah itu. Tanggung jawab HMSI sebagai produsen juga dianggap sangat besar. Santiko menegaskan posisi HMSI yang bukanlah importir, jika ada masalah terus ditinggal.

”Kami ini sudah 35 tahun di Indonesia. Soal Euro IV haru tahun depan, kami sudah bicara, dan diwakili Gaikindo. Tapi sepertinya belum ada titik temu dengan pemerintah,” kata Santiko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.