Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Targetkan Punya Mobil Otonomos Level 4 di 2025

Kompas.com - 10/06/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Persaingan indusri otomotif global bergerak menuju era self-driving car atau otonomos. Tiap merek mulai megalokasikan dana besar-besaran, untuk mengejar pencapaian tersebut, di mana merek yang tak cukup kuat secara finansial, mulai merapat membentuk aliansi.

Sampai detik ini, Honda masih kuat bermain sendiri dan mereka menargetkan pada tahun 2025 sudah memiliki teknologi otonomos level 4 untuk dipasarkan. Sementara jangka pendeknya di 2020, diperkirakan sudah akan ada otonomos level 3.

“Kami akan mewujudkan teknologi penggerak otomatis untuk digunakan di jalan raya pada tahun 2020. Kemudian, kami akan membuatnya bisa dikendarai di daerah yang lebih luas termasuk jalan biasa. Selain itu, kami akan berusaha membentuk teknologi otonomos tingkat 4 pada 2025,” ujar Takahiro Hachigo, President & CEO Honda Motor dalam pidatonya, Kamis (8/6/2017).

Baca juga : Ketahui Penggolongan Mobil Berteknologi Otonomos

Sebagai awalan, teknologi self-driving Honda untuk di jalan raya, akan memiliki kemampuan mengubah jalur secara otomatis, tanpa ada perintah dari pengemudi. Sebagai pengembangan lanjutan, Honda bakal merealisasikan otonomos yang bisa membuat pengemudi tak perlu lagi memantau lingkungan sekitar, terutama saat mobil terjebak macet.

“Melalui teknologi otonomos, Honda berusaha untuk melayani masyarakat di seluruh dunia dengan sukacita, dengan sarana mobilitas yang bebas dari kecelakaan. Kami juga berusaha untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan, soal keselamatan,” tutur Hachigo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com