Rem Otomatis Jadi Fitur Standar Nissan di Kanada dan AS

Kompas.com - 10/06/2017, 09:22 WIB
Ilustrasi Teknologi Automated Emergency Braking (AEB) milik Nissan. AutonewsIlustrasi Teknologi Automated Emergency Braking (AEB) milik Nissan.
|
EditorAgung Kurniawan

Ontario, KompasOtomotif – Sejalan dengan kebijakan di Amerika Serikat, Nissan wilayah Kanada juga akan menyematkan teknologi Automated Emergency Braking (AEB), sebagai fitur standar pada produknya yang dijual di sana.

Fitur AEB sendiri sebelumnya disebut dengan Forward Emergency Braking, yang hanya dipasangkan pada varian tertingi saja. Sistem tersebut akan menjadi standar pada model Rogue 201, Altima, Murano, LEAF, Pathfinder, Armada, Maxima dan Sentra.

"Peningkatan ketersediaan AEB merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan kami, membantu mengurangi korban jiwa. Sekaligus juga mewujudkan visi kami untuk Nissan Intelligent Mobility," ujar Bert Brooks, Senior Manager of Product Planning Nissan Canada mengutip Autonews, Jumat (9/6/2017).

Michael Bunce, Vice President of Product Planning Nissan Amerika Utara menambahkan, langkah tersebut juga bakal mempercepat penerimaan konsumen terhadap teknologi keselamatan aktif, yang bisa mendeteksi berhentinya aliran lalu lintas atau hambatan lainnya, seperti menghentikan kendaraan tanpa keterlibatan sopir alias otomatis.

Menurut sebuah studi yang dilakukan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) tahun 2013, disebut kalau sepertiga dari semua kecelakaan yang dilaporkan polisi melibatkan tabrakan dari belakang.

NHTSA juga melaporkan pada tahun 2015, sistem seperti AEB ini dapat membantu mengurangi klaim asuransi cedera sebanyak 35 persen. Belum diinformasikan kalau penerapan ini akan dilakukan juga di wilayah lainnya, seperti Eropa dan Asia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X