Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wujud Mobil untuk Planet Mars Milik NASA

Kompas.com - 07/06/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Florida, KompasOtomotif – Festival Summer of Mars yang diselenggarakan di Kennedy Space Center, Florida, diramaikan peluncuran kendaraan untuk menjelajah planet Mars atau biasa disebut Mars Rover dengan, dengan konsep baru.

Mengutip Carscoops, Rabu (7/6/2017) ini merupakan lompatan baru dari kendaran sebelumnya Lunar Rover, di mana kali ini Mars Rover dibangun oleh Parker Brothers Concepts dengan masukan dari para insinyur NASA. Mobil dengan enam roda ini memiliki berat 6.000 pound (2.721 kg), dengan tinggi 11 kaki (3,3 meter), dan sanggup membawa empat penumpang.

Mobil ini juga dirancang untuk menangani medan terberat Mars, jadi sudah dilengkapi rugged suspension dan roda 50 inci dengan rancangan khusus. Mars Rover memiliki panel surya dan bisa dipergunakan untuk dua tujuan, bisa sebagai penjelajah atau laboratorium penelitian.

NASA masih belum membongkar spesifikasi teknisnya secara detail, tapi pastinya mobil ini memiliki baterai berkapasitas 700 volt. Itu memungkinkan Mars Rover mencapai kecepatan hingga 70 mph (112 kpj, walapun di planet merah tersebut, kecepatan bergerak biasanya antara 10-15 mph (16-24 kpj).

Konsep Mars Rover ini, bakal dipamerkan di Kennedy Space Center Visitor Complex sampai akhir Juni 2017. Setelah itu, mereka akan melakukan tur sepanjang daerah East Coast, dan berhenti di wilayah Atlanta, New York City, Jersey City, dan Washington D.C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com