Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz "Hybrid" Meluncur di Malaysia

Kompas.com - 06/06/2017, 11:55 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Paultan


Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Setelah di pemerkan bulan lalu, akhirnya Honda Malaysia resmi meluncurkan Jazz facelift 2018 di KL Convention Center, Malaysia, Selasa (6/62017). Secara tampilan, hatchback andalan Honda ini memang tidak banyak mengalami ubahan, tapi yang menarik adalah hadirnya varian hibrida yang dipasarkan bersama model konvensional.

Baca : Honda Jazz RS "Facelift" Meluncur di Thailand

Dikutip dari Paultan, Malaysia menjadi satu-satunya negara yang memasarkan Jazz Hybrid di luar Jepang. Alasannya karena adanya insentif dari program Energy Efficient Vehicle (EEV) di Malaysia serta permintaan mobil hibrida yang cukup tinggi.

Honda Malaysia melihat adanya peluang menawarkan sebuah mobil hibrida dengan harga yang lebih terjangkau di tengah banyaknya peredaran mobil plug-in hiybrid dari merek premium di Kuala Lumpur.

Jazz facelift hadir dengan Sporty Hybrid Intelligent Dual-Clutch Drive (i-DCD). Teknologi ini datang sebagai pengganti dari sistem Integrated Motor Assist (IMA) yang dikawinkan dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc dan transmisi otomatis dual-clutch tujuh percepatan.

paultan.org Honda Jazz Hybrid Facelift di Malaysia

Mesin 1.500 DOHV i-VTEC mampu menghasilkan tenaga 110 Ps dan torsi 134 Nm. Bila dikombinasikan dengan motor listrik Atkinson-Cycle Engine, total tenaga yang mampu diproduksi mencapai 137 Ps dan torsi 160 Nm. Motor listrik hibrida generasi baru ini bukan hanya mampu mengantarkan tenaga lebih besar, tapi juga sisi efisiensi yang lebih baik.

Honda mengklaim secara tenaga, Jazz hibrida setara dengan mesin 1.8L NA yang dulu pernah digunakan Civic. Bila dibandingkan dengan model Jazz Hybrid sebelumnya yang menggunakan teknologi IMA dan baterai Ni-MH, model terbaru ini lebih bertenaga dan memiliki bobot penyimpanan energi yang lebih kecil dan ringan.

paultan.org Mesin Honda Jazz Hybrid

Salah satu yang membuat Jazz Hibrida 2018 ini lebih irit adalah dari model lawasnya adalah kemampuan dalam menyalakan mesin di mode EV tanpa campur tangan mensin konvensional atau bensin. Mode berkendara EV juga bisa digunakan hingga kecepatan 80 kpj.

Baca : Lebih Detail dengan Honda Jazz "Facelift" Hibrida

Honda Malaysia membanderol Jazz Hybrid dengan harga 87,500 RM atau sekitar Rp 273 jutaan bila dicairkan dalam rupiah. Harga tersebut menjadikan Jazz Hybrid sebagai mobil hibrida paling terjangkau di Malaysia, yang ditargetkan mampu terjual sebanyak 150 unit per bulan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com