Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Belum Pikir soal Nouvo

Kompas.com - 06/06/2017, 03:49 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buatkonsumen Yamaha yang sudah menunggu kehadiran generasi terbaru Nouvo, nampaknya harus menarik napas lebih pajang lagi. Pasalnya, merek berlogo warna biru ini belum mau memasarkan kembali model yang sempat berakhir masa baktinya, 2008 lalu.

Padahal, generasi terbaru Nouvo sudah diluncurkan 2015 lalu, bermesin YMJET-FI yang dipasarkan di Vietnam.

Meski begitu, Manager After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin mengatakan, kalau saat ini memang pasar betik seperti Nouvo masih terbuka di Indonesia. Namun, memang belum terpikirkan untuk melahirkannya lagi walaupun sangat memungkinkan.

“Sangat memungkinkan dan segmen motor bebek saja buktinya masih digemari. Artinya ‘ground clearance’ masih menjadi pertimbangan konsumen, yang ingin kepraktisan (matik) tapi tetap nyaman dikendarai di jalan yang rusak,” ujar Abidin.

Abidin menambahkan, tapi memang saat ini Yamaha sudah meiliki X-Ride untuk mengakomodir kondisi jalan seperti itu. Lebih lagi, Yamaha juga disebut masih fokus pada pengembangan skutik Maxi-nya, mulai dari NMAX, XMAX serta TMAX.

thuonghieuvietnoitieng.vn Yamaha Nouvo RC 2015 yang saat ini dipasarkan di Vietnam.

“Di mulai dari 2015 , Yamaha fokus pada konsep Maxi series-nya, seperti NMAX , XMAX dan TMAX. Jadi saat ini kami belum ada rencana untuk kembali memproduksi motor legenda Nouvo,” tutur Abidin.

Baca juga : Siapa yang Masih Menunggu Yamaha Nouvo?

Konsep Nouvo

Menarik, seperti dikatakan Abidin, Nouvo memiliki konsep yang mengawinkan diameter ban khas moped yang kemudian disesuaikan dengan matik, dan digunakan dengan diameter ideal 16 inci. Menjadi sebuah terobosan di 2002-2003, Nouvo lahir dan terus disempurnakan hingga Nouvo Z di 2006.                       

“Menggunakan diameter roda 16 inci, memang menjadikan Nouvo motor matik dengan julukan Betik (Bebek Matik) , memiliki ground clearance paling ideal, untuk kondisi jalan indonesia khususnya rural area,” ujar Abidin.

Namun, Nouvo tidak berjalan begitu sukses, dan akhirnya berhenti diproduksi pada tahun 2008. Kesuksesan skutik Yamaha kemudian dilanjutkan oleh Mio, yang menjadi sangat populer. Sejak tahun lalu, Nouvo lawas harganya tiba-tiba meledak di pasar motor bekas, bahkan ada yang sampai menyentuh harga belasan juta, tergantung kondisi tentunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com