Suzuki Ertiga Geser Daihatsu Xenia pada April 2017

Kompas.com - 26/05/2017, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif –  Penjualan segmen low multi purpose vehicle (LMPV) secara wholesales anjlok pada April 2017, mencapai 11,92 persen. Ini merupakan penurunan pertama sepanjang Januari-April 2017 ini.

Terkoreksinya penjualan ini juga disebabkan merosotnya beberapa model, terutama merek-merek besar, seperti Avanza (6,12 persen), Mobilio (17,51 persen), serta penurunan terdalam dirasakan oleh Daihatsu Xenia, mencapai angka 37,55 persen.

Seolah tetap bertahan dan tidak mengikuti kondisi para rival dengan hasil mengecewakan, Suzuki Ertiga justru naik 12,41 persen menjadi 3.180 unit. Menariknya, dari data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pencapaian Ertiga bahkan berhasil melampaui Xenia yang cuma 2.538 unit.

Mengawali pertarungan di 2017, Suzuki menambahkan amunisi baru, menghadirkan varian baru Ertiga Diesel “Hybrid” pada Februari 2017 lalu. Model baru Ertiga ini dipasarkan dengan harga Rp 219,5 juta, MPV ini hanya tersedia dengan transmisi manual lima percepatan.

“Dapat dilihat bahwa hal tersebut terjadi karena penurunan volume low MPV besar di merek tertentu. Suzuki Ertiga market share di LMPV naik dari 15,7 persen (Maret 2017) menjadi 16,6 persen di April. Kondisi kenaikan itu karea adanya Ertiga Diesel Hybrid,” ujar Donny Saputra Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 kepada KompasOtomotif, Kamis (24/5/2017).

Ghulam/KompasOtomotif Wholesales low MPV April 2017. (olahan data Gaikindo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.