Mobil Pribadi Uji KIR Masih Sebatas Wacana

Kompas.com - 24/05/2017, 17:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ramai berita soal pengujian berkala kir untuk kendaraan pribadi belakangan ini memantik reaksi pro dan kontra. Kendati demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan bahwa prioritas uji kelaikan jalan itu tetap pada kendaraan wajib uji.

Dalam keterangan pada website resmi Kemenhub, Selasa (23/5/2017), prioritas pada kendaraan wajib uji itu meliputi angkutan umum, angkutan barang, dan sejenis bus. Sedangkan untuk wajib uji kendaraan pribadi masih sebatas wacana.

Penegasan itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, J. A. Barata. Dijelaskan, terdapat 6 juta kendaraan yang harus dilakukan uji berkala. Jumlah tersebut akan bertambah sekitar 600.000 -700.000 mobil setiap tahun. Sedangkan, balai pengujian berkala yang dimiliki Pemerintah hanya 400 unit.

”Jumlah kendaraan yang akan diuji tidak sebanding dengan jumlah balai pengujian berkala yang ada. Pemerintah masih memfokuskan pada kendaraan-kendaraan yang wajib uji tersebut,” ucap Barata.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa Kemenhub akan terus mendukung kehadiran swasta melakukan uji berkala kendaraan wajib uji.

Terkait dengan uji berkala terhadap kendaraan pribadi, Barata menegaskan perlunya kajian secara lebih intensif. Karenanya, belum ada rencana untuk memberlakukan ketentuan tersebut saat ini.

Ketentuan wajib uji kendaraan bermotor terdapat pada UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Namun, UU ini hanya mengatur uji berkala terhadap kendaraan umum (angkutan umum dan angkutan barang), belum mengatur uji berkala terhadap kendaraan pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.