Test Drive Toyota New Agya

Mengulik Perbedaan Karakter "Nyawa" Baru Agya

Kompas.com - 22/05/2017, 09:02 WIB
Otomania.com - Tampilan terbaru Toyota Agya TAMOtomania.com - Tampilan terbaru Toyota Agya
EditorAris F Harvenda

Surabaya, KompasOtomotif - Agya terbaru yang diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) mengaplikasi banyak ubahan. Tak hanya tampilan yang lebih berkarakter, mesin sebagai "nyawa" juga lebih disempurnakan.

Kapasitas mesin memang jadi berita utama peremajaan mobil murah "kembaran" Daihatsu Ayla tersebut. TAM menyediakan varian mesin 1.2L yang lebih bertenaga (88 tk). Kendati demikian versi mesin 3 silinder 1.0L yang jadi andalan sebelumnya masih tetap dipertahankan. 

Namun di balik itu ada beberapa komponen penunjang yang membuat lebih kompetitif, baik di varian 1.0L dan 1.2L. Kata kunci lebih bertenaga dan efisien dijadikan gimmick untuk menciptakan daya tarik konsumen.

Azwar Ferdian/Otomania Mesin New Astra Toyota Agya

1.0L

Walapun menggendong jenis mesin yang sama dengan pendahulunya, namun daya yang dihasilkan varian 1.0L terbaru punya peningkatan tenaga, dari 65,3 tk menjadi 67 tk. Besaran tersebut dihasilkan dari suntikan penggunaan variabel katup VVT-i, katalitik konverter, dan juga komputer (ECU) yang disetel ulang. 

Ubahan lain di mesin yang tak berhubungan langsung dengan performa juga disertakan. Tujuannya lebih menyasar pada kenyamanan berkendara. Sistem bukaan gas yang sebelumnya menggunakan kabel kini sudah drive by wire (nirkabel). Selain itu, pegangan mesin (engine mounting) juga lebih fleksibel sehingga mampu meredam getaran khas jantung pacu 3 silinder.

TAM Otomania.com - Performa mesin Toyota Agya terbaru membuat akselerasi makin mantap

1.2L

Paling revolusioner dalam sistem penghasil tenaga memang terjadi pada varian 1.2L. Tak sekedar mengganti piston untuk menaikkan volume, namun ada penambahan silinder dari 3 menjadi 4. Variabel katup yang digunakan juga lebih modern dengan teknologi VVT-i ganda.

Penggunaan katalitik konverter serta penyetelan ulang ECU juga menjadi menu utama peningkatan kinerja mesin. Bukaan gas sistem nirkabel tentunya juga menjadi ubahan mendasar. Hal tersebut bertujuan agar bukaan gas bisa terdeteksi lebih dini oleh ECU, sehingga mampu menyalurkan tenaga sesuai kebutuhan.

Mau tahu bagaimana performa ubahan mesin dari Agya saat berinteraksi di jalan? Tunggu ulasan lengkapnya di rubrik test KompasOtomotif selanjutnya...




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X