Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Toyota New Agya

Mengulik Perbedaan Karakter "Nyawa" Baru Agya

Kompas.com - 22/05/2017, 09:02 WIB

Surabaya, KompasOtomotif - Agya terbaru yang diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) mengaplikasi banyak ubahan. Tak hanya tampilan yang lebih berkarakter, mesin sebagai "nyawa" juga lebih disempurnakan.

Kapasitas mesin memang jadi berita utama peremajaan mobil murah "kembaran" Daihatsu Ayla tersebut. TAM menyediakan varian mesin 1.2L yang lebih bertenaga (88 tk). Kendati demikian versi mesin 3 silinder 1.0L yang jadi andalan sebelumnya masih tetap dipertahankan. 

Namun di balik itu ada beberapa komponen penunjang yang membuat lebih kompetitif, baik di varian 1.0L dan 1.2L. Kata kunci lebih bertenaga dan efisien dijadikan gimmick untuk menciptakan daya tarik konsumen.

Azwar Ferdian/Otomania Mesin New Astra Toyota Agya

1.0L

Walapun menggendong jenis mesin yang sama dengan pendahulunya, namun daya yang dihasilkan varian 1.0L terbaru punya peningkatan tenaga, dari 65,3 tk menjadi 67 tk. Besaran tersebut dihasilkan dari suntikan penggunaan variabel katup VVT-i, katalitik konverter, dan juga komputer (ECU) yang disetel ulang. 

Ubahan lain di mesin yang tak berhubungan langsung dengan performa juga disertakan. Tujuannya lebih menyasar pada kenyamanan berkendara. Sistem bukaan gas yang sebelumnya menggunakan kabel kini sudah drive by wire (nirkabel). Selain itu, pegangan mesin (engine mounting) juga lebih fleksibel sehingga mampu meredam getaran khas jantung pacu 3 silinder.

TAM Otomania.com - Performa mesin Toyota Agya terbaru membuat akselerasi makin mantap

1.2L

Paling revolusioner dalam sistem penghasil tenaga memang terjadi pada varian 1.2L. Tak sekedar mengganti piston untuk menaikkan volume, namun ada penambahan silinder dari 3 menjadi 4. Variabel katup yang digunakan juga lebih modern dengan teknologi VVT-i ganda.

Penggunaan katalitik konverter serta penyetelan ulang ECU juga menjadi menu utama peningkatan kinerja mesin. Bukaan gas sistem nirkabel tentunya juga menjadi ubahan mendasar. Hal tersebut bertujuan agar bukaan gas bisa terdeteksi lebih dini oleh ECU, sehingga mampu menyalurkan tenaga sesuai kebutuhan.

Mau tahu bagaimana performa ubahan mesin dari Agya saat berinteraksi di jalan? Tunggu ulasan lengkapnya di rubrik test KompasOtomotif selanjutnya...


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com