Ertiga Model Baru Sudah di "Kantong" Suzuki

Kompas.com - 08/05/2017, 08:01 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Lima tahun sudah Suzuki Ertiga memberi warna buat persaingan segmen low MPV di Indonesia. Lalu, apakah di usia yang cukup matang itu bakal muncul perubahan dengan hadirnya full model change dalam waktu dekat?

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Makmur, mengatakan bahwa sudah ada model barunya yang sedang disiapkan di Jepang. Cuma, menurutnya, peluncuran masih lama, karena masih dalam tahap pengembangan.

”Kalau ditanya ada nggak (model baru Ertiga)? Sudah ada, cuma masih jauh. Sekarang orang kan development mobil dua sampai tiga tahun,” ujar Makmur, (5/5/2017), dalam sebuah kesempatan di Kemang, Jakarta Selatan.

Siklus

Dirinya mengakui bahwa siklus dilakukannya full model change saat ini mulai maju. Jika dulu ada semacam ”hukum tak tertulis” bahwa sebuah mobil harus ganti model setelah tujuh tahun, kini sudah mulai banyak yang melakukannya dalam lima tahun, bahkan tiga tahun.

Kendati sudah berusia lima tahun dan banyak diharapkan orang untuk ganti model, namun Makmur mengatakan bahwa SIS selalu memberi pembaruan setiap tahun agar Ertiga tampak segar. Mulai dari tipe Elegant, Sporty, lalu muncul minor change, New Ertiga, sampai Drezza, dan sekarang diesel.

”Nggak bisa kalau orang Indonesia nggak ada pembaruan. Tetap harus ada penyegaran, bahkan itu sudah kami lakukan tiap tahun dengan perubahan-perubahan,” kata Makmur.

Ertiga yang pada awalnya diciptakan untuk pasar Indonesia, berhasil menjadi pendobrak saat meluncur, lima tahun silam. Model ini mampu menggoyang eksistensi pemimpin pasar, duet Avanza-Xenia yang seakan main sendirian bertahun-tahun lamanya.

Andalan Suzuki itu juga memicu merek lain untuk memberanikan diri terjun di segmen yang sama. Misalnya, Honda dengan Mobilio, atau Chevrolet yang sampai harus memproduksi Spin di Pondok Ungu, Bekasi. Bahkan kini, Mitsubishi pun ikutan main dengan versi produksi XM Concept.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.