Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Nomor Dua Pengguna Waze Terbesar ASEAN

Kompas.com - 06/05/2017, 14:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Aplikasi penunjuk jalan yang bisa digunakan pada smartphone sudah jadi kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan. Selain Google Map, salah satu aplikasi yang populer adalah Waze.

Di wilayah Asia Tenggara, mengutip Paultan.org, Jumat (5/5/2017) Jakarta menduduki peringkat kedua setelah Kuala Lumpur. Jumlah pengguna aktifnya ada sebanyak 2 juta orang, sementara Kuala Lumpur mencapai 2,5 juta orang.

Pada urutan ketiga ada kota Manila yang jumlahnya sebesar 1,5 juta. Di Malaysia, Waze mencoba menggandeng pemerintah untuk berbagi data, untuk memberikan solusi bagi pengendara, agar tidak teralu lama berada di jalanan.

Di mana pengguna jalan bisa melaporkan sesuatu yang terjadi, kemudian ditindak lanjuti oleh pemerintah terkait apa yang terjadi di jalanan. Bukan tidak mungkin ini bisa diaplikasikan di Jakarta, atau beberapa kota besar di Indonesia.

Mona Weng, Global Strategic Partnerships Manager Waze mengatakan, data dapat mencakup hal seperti penutupan jalan yang direncanakan karena peristiwa besar atau konstruksi, dan pengalihan ajalan real-time akibat kecelakaan atau keadaan darurat.

“Info yang tersedia di Waze ini kemudian digunakan untuk membimbing pengguna mencari-cari jalan, membuat perjalanan lebih cepat dan lancar,” ujar Weng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com