Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Tiga "Builder" Bangun Motor "Kustom" di IIMS 2017

Kompas.com - 01/05/2017, 10:48 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain menampilkan ragam mobil modifikasi dan sepeda motor kustom, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 juga jadi wadah bagi para builder menunjukan kreativitasnya. Melalui kegiataan Builder Experience, tiga punggawa bengkel motor kustom bersatu membangun motor mulai dari nol hingga benar-benar jadi selama 11 hari.

Baca : Deretan Motor "Kustom" Jadi Menu Spesial IIMS 2017

Tiga bengkel kustom adalah Katros Garage, Titasomi Custom, dan Street Arts Custom. Mereka berkolaborasi membangun karya kustom dari sebuah Kawasaki Binter Merzy 198.

"Benar-benar dari nol kita garapanya, kalau soal konsep saat ini belum kelihatan. Jadi kita kerjain masing-masing sektor, sudah ada bagiannya. Nanti kalau sudah setengah jadi mungkin baru kelihatan arahnya mau kemana," ucap punggawa Katros Garage yang akrab disapa Ateng kepada KompasOtomotif, Minggu (30/4/2017).

Proses pengarapan dilakukan di arena outdoor. Mulai dari mengelas rangka, membuat tangki, pemasangan mesin, sampai instalasi semua perangkat langsung dilakukan di tempat.

Baca : Awas "Penyakit Kalap" di IIMS di IIMS 2017

Menurut Melvin dari Titasomi Custom, proses pengarapan seperti ini baru dilakukan pertama kali di IIMS 2017. Terutama yang langsung benar-benar kerja bersama.

Stanly/KompasOtomotif Builder Experience IIMS 2017

"Ini pertama kali yah, artinya kita benar-benar ditantang bikin karya dengan berkolaborasi langsung di TKP (tempat kejadian pekara) selama 11 hari. Untuk gambaran konsep kita juga tidak ada yang tahu hasilnya seperti apa," ucap Melvin di waktu yang sama.

Menurut Melvin dan Ateng, salah satu kesulitan yang menjadi tantangan selama pengerjaan lebih ke arah argumentasi. Namun mereka menilai hal tersebut wajar, mengingat masing-masing punya selera berbeda, untuk mengakalinya mereka memisahkan pekerjaan sesuai kemampuan masing-masing.

Penasaran bentuk seperti apa nantinya Binter Merzy garapan tiga builder ini, tunggu kelanjutannya di KompasOtomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com