Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas ”Penyakit Kalap” di IIMS 2017

Kompas.com - 30/04/2017, 12:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – ”Penyakit kalap” biasanya semakin gampang menjangkit di pameran-pameran besar macam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Banyak pilihan kendaraan yang akan dibeli, begitu juga ragam aksesori dan suku cadang, kerap bikin pusing dan lupa diri.

Tapi, seharusnya Anda bisa ”menjaga diri”, pelan-pelan menentukan pilihan dan memikirkan dampak ke depan. Berikut beberapa saran jika Anda memang niat berburu kendaraan JI Expo, Kemayoran, Jakarta, sampai 7 Mei nanti:

1. Bandingkan program dan promosi. Arena seperti IIMS 2017 dipastikan banjir promo. Jangan dilewatkan, tapi juga jangan gegabah. Bandingkan diskon, cashback, bonus, atau apa pun yang menguntungkan Anda dari masing-masing merek incaran.

Pastikan Anda paham program promosinya, dan tidak ”termakan” bahasa pemasaran yang kadang menjebak, padahal, jika dihitung di akhir, jatuhnya sama saja. Dari ini, kesabaran anda diuji untuk membandingkan lebih detail.

KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung test ride sepeda motor yang dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
2. Lakukan tes. Ini wajib sebagai ”screening” terakhir, karena hanya dengan tes, semua ekspektasi yang Anda kumpulkan untuk mobil atau motor incaran bakal terjawab. Jika sesuai harapan, promo sudah di kantong, silakan meneruskan transaksi.

Tapi jika Anda merasa ada yang kurang, bisa ditanyakan ke ahli atau tenaga penjual, mudah-mudahan masih di bawah batas toleransi.

3. Riset. Jika ada waktu luang, sebelum menentukan pilihan, lakukan riset kecil-kecilan, serap semua review produk, dan kemampuan Anda mencicil (jika beli secara kredit). Masukkan peringkat daftar kendaraan yang Anda prioritaskan sebelum dibandingkan.

Bahan-bahan riset awal ini akan menjadi tameng agar Anda tidak kalap, terutama terjebak dengan ”iming-iming maut” yang kerap dilancarkan para wiraniaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com