Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R NineT Racer, Kental Nuansa Klasik

Kompas.com - 28/04/2017, 18:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - BMw Motorrad resmi meluncurkan varian baru dari keluarga R NineT yang datang menggunakan fairing. Sepeda motor asal Jerman ini hadir dengan tampilan sebuah cafe racer klasik yang dibalut dengan sentuhan kelir putih.

Penggunaan fairing ala cafe racer membuat R NineT Racer berbeda dari model lainnya. Postur rangka yang panjang dan ditunjang dengan kedok berdesain retro dengan lekukan yang benar-benar persisi mewakilkan sebuah tampilan motor balap era 1970-an.

Baca : Moge Murah BMW G310R Meluncur di IIMS

Dari dimensi, R NineT Racer memiliki panjang sebesar 2.105 mm, lebar 920 mm, dan tinggi 1.105 mm. Meski memiliki proposisi berkendara yang sedikit turun ke depan karena posisi handlebar dibuat lebih rendah, namun dengan pemangkasan sadel menjadi 795 mm dari sebelum 805 serta footrest tinggi yang diklaim membuat pengendara tetap nyaman dan tidak mudah merasa pegal.

Selain tampilan retro dari kedok depan, penegasan sebuah motor sport klasik juga diperlihatkan dari posisi jok yang menganut konsep single seater. Namun, bagi yang ingin berkendara dengan pasangan, pillion atau buntut tawon yang jadi ciri khas cafe racer bisa diganti menjadi sadel tambahan.

Untuk urusan mesin tidak ada yang berbeda dengan versi R NineT lainnya. Mengusung mesin flat twin atau Boxer engine berkapasitas 1.200 cc, versi Racer ini memiliki tenaga sebesar 110 tk dan torsi 160 Nm.

Stanly/KompasOtomotif Detail R NineT Racer di IIMS 2017

Selain tampang standar, BMW juga menyediakan paket modifikasi untuk personalisasi tampilan. Mulai dari pelek, bodi berserat karbon, sampai tangki bermaterialkan alumunium, tentunya dijual dengan harga yang berbeda.

Untuk harga, R NineT Racer dibandrol lebih murah dari versi Scrambler, harga on the road-nya mencapai Rp 635 juta. Sayangnya, untuk pilihan warna hanya tersedia dalam balutan kelir putih saja, BMW tidak memberikan pilihan warna lain untuk konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com