Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh di GP Argentina, Tanda Honda Belum Siap

Kompas.com - 21/04/2017, 13:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Austin, KompasOtomotif – Tragedi yang dialami Marc Marquez, pebalap dari tim pabrikan Honda pada laga kedua MotoGP 2017 di Argentina, masih menyisakan bekas. Meski bakal menyambut seri ketiga di Austin, Minggu (23/4/2017) dirinya masih terbayang kegagalannya di Argentina.

Marquez unggul pada awal-awal balap di Termas de Rio Hondo, sebelum kehilangan posisi terdepan ketika mau masuk ke tikungan dan jatuh di lap keempat. Begitu juga dengan rekan setimnya Dani Pedrosa, yang juuga ikut jatuh di tempat yang sama.

Pebalap Spanyol ini mengatakan, pihaknya menunjukkan kalau Honda "belum siap" untuk dikendarai dengan gaya alami dan agresif, seperti yang pernah dilakukannya ketika membawa dua gelar pertama di MotoGP pada 2013 dan 2014.

“Pebalap Honda mengambil risiko pada titik di mana kami tidak memiliki kendali, dan titik pengereman. Untuk alasan itu, mungkin pengendara Honda bakal jatuh berkali-kali di musim ini,” ujar Marquez mengutip Motorsport.com, Jumat (21/4/2017).

"Di Argentina saya mencoba mengambil beberapa risiko, karena saya merasa sangat hebat, mampu memenangi balapan. Tapi yang saya lihat adalah ternyata kami belum siap. Perasaan itu kuat, tapi tetap saja kita belum siap 100 persen untuk mengambil risiko itu. Saya perlu mentalitas saya seperti di 2016," ucap Marquez.

Honda kembali memberikan ubahan pada mesinnya untuk digunakan pada 2017, termasuk mengadopsi new firing atau urutan pengapian, dalam upaya untuk memperkecil defisit percepatan yang telah dialami pebalapnya dalam beberapa tahun terakhir.

Mengawinkan mesin baru ke control electronic MotoGP juga masih menjadi pekerjaan yang sedang dilakukan, di mana pebalap Honda harus mencoba untuk bisa membuat waktu yang hilang, ketika berada pada saat pengereman. 

Marquez saat ini berada di urutan kedelapan, setelah berada di urutan keempat dalam pada pembukaan musim di Qatar. Ini berarti Marquez berada 37 poin di belakang pembalap Yamaha Maverick Vinales. Kita lihat bagaimana pertarungan di GP Austin, menarik untuk disaksikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com