Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Astra "Legowo" Lepas Saham TAM ke Toyota

Kompas.com - 21/04/2017, 07:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Per Januari 2017, kedudukan PT Astra International Tbk (Grup Astra) dan Toyota Motor Corporation (TMC) sama kuat atas kepemilikan saham PT Toyota Astra Motor (TAM). Ini lantaran Grup Astra melepas 1 persen sahamnya ke TMC, sehingga kini porsinya sama kuat, 50:50 (dari sebelumnya 51:49).

Belum ada pernyataan resmi saat itu. Kini, usai melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (20/4/2017), Presiden  Direktur grup Astra Prijono Sugiarto angkat bicara. Perubahan komposisi kepemilikan saham antara Grup Astra dan TMC untuk TAM cuma perkara memperkuat perusahaan.

”Ini adalah cermin bahwa perusahaan yang selama ini jointly manage (dikelola bersama) diperkuat. Memang, dalam beberapa dekade, 51 persen saham TAM dimiliki Astra, tapi dalam praktik sehari-harinya, itu tidak beda (dengan kewenangan TMC),” ucap Prijono.

Dia pun mengambil contoh perusahaan di bawah naungan Grup Astra lainnya, yakni PT Astra Honda Motor (AHM), yang kepemilikan sahamnya juga fifty-fifty, antara Astra dan Honda Motor Corporation Jepang. Semua keputusan dilakukan bersama.

Prijono pun menegaskan bahwa ketika saham Astra untuk TAM 51 persen menjadi 50 persen, bukan berarti ada sesuatu yang hilang.

”Kalau Anda tanya, apakah melepas saham karena tekanan? Saya kira tidak. Pada akhirnya, 51 persen pun juga jointly manage. Nggak bisa keputusan yang diputuskan sendiri, baik Jepang dan Indonesia, itu sama-sama,” ucap Prijono.

Baca : Toyota Jepang Resmi Beli 1 Persen Saham TAM

Sebelumnya, beredar kabar dari sumber internal perusahaan bahwa hubungan antara Astra dan TMC sedikit renggang. Dilepasnya 1 persen saham diharapkan menjadi langkah konsolidasi kedua pihak agar lebih mencair.

KompasOtomotif bahkan sudah memprediksi, bahwa dengan perubahan komposisi kepemilikan saham ini, akan ada pergeseran posisi pada pucuk pimpinan. Nyatanya, Presiden Direktur TAM Hiroyuki Fukui digantikan oleh Yoshihiro Nakata. Sementara wakil Astra masih diduduki Henry Tanoto sebagai Wakil Presiden Direktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com