Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Oknum "Sales" Nakal, Yamaha Indonesia Pantau Ketat

Kompas.com - 20/04/2017, 09:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Masih soal perlakuan semena-mena pramuniaga (sales) diler terhadap konsumen yang membeli sepeda motor dengan tunai, membuat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tidak tinggal diam. Merek berlogo warna biru ini menyebar pegawai khusus untuk melakukan pemantauan.

Dalam beberapa momen, utusan kantor pusat tersebut menyamar menjadi konsumen, atau biasa disebut “Mistery Guest”. Pola yang dilakukan oknum diler tersebut juga sudah mulai terbaca oleh pihak YIMM.

“Kami selalu melakukan mistery guest. Lebih dari itu, kami juga pelajari trik-trik mereka, di mana memang mereka tidak menolak konsumen yang membeli cash secara terang-terangan, tapi dengan cara halus, dan mencoba mengarahkan ke pembelian secara kredit,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM, Selasa (18/4/2017).

Dyon melanjutkan, kalau Yamaha Indonesia juga tidak tanggung-tanggung untuk menindak oknum tersebut, tentunya jika itu dilakukan berulang-ulang. Bahkan bukan hanya salah satu oknum saja, tapi diler juga bisa menanggung hukumannya.

“Ini sebenarnya sudah saya lihat, dan kami telah deteksi masalah ini. Pada beberapa kejadian kami telah melakukan tindakan hukum. Tentunya kami kita tidak langsung sentuh si oknum sales, dia kan ada di bawah diler, kami akan peringati dilernya, dan sudah ada beberapa diler yang sudah kami cut,” ujar Dyon.

“Maka dari itu kami sarankan untuk beli di diler resmi, jangan beli di channel atau outlet tidak resmi, karena tidak bisa mengajukan pengaduan ke kami. Di mana diharapakn di diler resmi juga seharusnya tidak ada perlakuan seperti itu,” ucap Dyon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com