Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bakal Tes Mobil Hidrogen di Pasar China

Kompas.com - 19/04/2017, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Mulai membidik China, pasar mobil hybrid dan listrik terbesar dunia, Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang bakal menguji mobil Fuel Cell (berbahan bakar hidrogen) pada Oktober 2017. Ini jadi upaya Toyota menentukan kelayakan penjualan mobil penumpang hidrogen Mirai di pasar.

Mengutip Reuters, Selasa (18/4/2017) Hiroji Onishi, Kepala Bisnis Toyota di China mengatakan, mereka juga berencana membangun sebuah stasiun pengisian bahan bakar hydrogen, di kota Changshu provinsi Jiangsu timur pada waktunya nanti, untuk memulai pengujian.

Mirai, yang dalam bahasa Jepang berarti "masa depan", merupakan sedan empat orang yang diperkenalkan pertama kali pada 2014, dengan kemampuan jarak tempuh mencapai 300 mil, di mana menjadi mobil berbahan bakar hidrogen massal pertama Toyota.

Onishi menyebut, kalau Toyota ingin menguji performa mobil dan kualitas hidrogen yang tersedia secara lokal di China.

Toyota perdana juga Mirai di Jepang tiga tahun lalu, di mana saat ini sudah tersedia di Amerika Serikat dan juga beberapa pasar di Eropa. Sejak Januari 2016 dan sampai Februari tahun ini, Toyota telah menjual sekitar 3.000 mobil Mirai secara global, menurut data yang dirilis produsen nomor 1 Jepang ini.

 “Terlepas dari Mirai, Toyota bakal mulai menjual mobil hibrida listrik plug-in tahun depan di China. Lebih dari itu, Toyota akan menjual baterai mobil listrik di pasar China,” ujar Onishi yang masih belum ingin mengungkapkan kapan baterai itu mulai dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com