Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Honda Scoopy Bermain "Cafe Racer"

Kompas.com - 18/04/2017, 16:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meski masih mengusung DNA yang sama dengan model sebelumnya, namun sentuhan ringan pada Honda Scoopy makin membuatnya mudah untuk di modifikasi. Bukan hanya tema elegan dan stylish, menggunakan basis standar Scoopy juga asik dibuat gaya cafe racer.

Contohnya seperti Scoopy garapan Astra Honda Motor (AHM). Untuk memberikan nuansa berbeda dari modifikasi Scoopy, AHM sengaja memamerkan tema old scool yang makin mengentalkan tampilannya sebagai skutik retro.

Baca : Bikin Scoopy Baru Makin Berwarna

Uniknya, ubahan yang dilakukan tidak sampai merombak seluruh bagian, alias rakitan standar pabrikan masih tetap dipertahankan. Sama seperti dua modifikasi sebelumnya, AHM hanya mengandalkan beberapa perangkat aksesori aftermarket serta aplikasi komponen kustom.

Pengerjaan pertam fokus pada kelir bodi yang dibalut ulang dengan warna kuning dan hitam. AHM juga mengandeng Tomi Airbrush untuk memberikan sentuhan seni di beberapa bagian, termasuk warna bodi.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi cafe race Honda Scoopy
Selesai dengan warna, giliran memantapkan karakter cafe racer. Ubahan ringan dilakukan pada sektor kemudi, tujuannya agar posisi berkendara bisa menyesuaikan konsep yang ditentukan, hal ini termasuk jok yang dikustom dengan tema single seater yang memiliki lekukan buntut tawon di bagian belakang seperti cafe racer.

Baca : Bermanuver Singkat Bareng "All New" Honda Scoopy

Sentuhan aksesori aftermarket mulai terlihat dibeberapa sektor, mulai dari kaca spion, grip handel, sampai olahan kustom fiber di sektor bodi. Sedangkan kaki-kaki sudah diperkuat dengan peredam kejut Gen Black di bagian belakang, dan Tupaknam untuk sok depan.

Meski masih mengusung mesin standar, namun agar kesan cafe racer makin kental maka knalpot ikut diganti. AHM mempercayakan olahan tenaga dan suara dengan menggunakan muffler keluaran Vince Cobra Black, agar suplai udara makin deras filter udara diganti dengan menggunakan Muttaru.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi cafe race Honda Scoopy tampil serasi dengan apparel berkendara.

Terakhir, AHM melengkapi modifikasi cafe racer pada Scoopy dengan apparel penunjang berkendara, seperti helm full face retro lengkap dengan goggle, sampai sarung tangan yang memiliki warna senada dengan Scoopy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com