Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dapat Izin Tes Mobil Otonomos

Kompas.com - 15/04/2017, 13:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Perusahaan yang terkenal dengan ponsel pintarnya, Apple, akhirnya mendapatkan izin untuk menguji kendaraan otonomos miliknya di California, seperti dikatakan pihak Department of Motor Vehicles, mengutip Reuters, Jumat (14/4/2017).

Apple resmi berada di antara produsen mobil konvensional, perusahaan teknologi dan start up kecil untuk menguji mobil di California.  Semuanya berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama memiliki mobil otonomos, yang bisa diterima masyarakat luas.

Perusahaan lain yang telah mendapat izin di antaranya Google Alphabet, Ford Motor, Volkswagen, Daimler, Tesla Motors dan General Motors. Banyak perusahaan mengatakan bahwa mobil pertama akan diluncurkan pada 2020, tapi beberapa ahli menyebut waktunya akan lebih lama lagi, karena terkait tantangan peraturan.

Baca juga : Apple Belum Hilang Sepenuhnya dari Dunia Otomotif 

Setelah dokumen terakhir diserahkan Steve Kenner, Director of Product Integrity Apple, ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) November lalu, perusahaan tersebut berspekulasi bahwa mereka akan memasuki persaingan self-driving yang kompetitif.

"Perusahaan berinvestasi besar dalam mempelajari machine learning (Artificial Intelligence) dan otomasi mesin, dan sangat antusias dengan potensi sistem otomatis di banyak area, termasuk transportasi," ujar Kenner.

Sebelumnya, Apple dikabarkan menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok otomotif, seperti Magna Steyr dan Robert Bosch. Meski belum mengonfirmasi mengenai ini, besar kemungkinan Apple tidak meninggalkan industri otomotif untuk diselami, terutama dari sisi teknologi, bukan menjadi produsen mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com