Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu ”Menyisir” Cari Peluang Ekspor

Kompas.com - 13/04/2017, 15:56 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kontribusi dari ekspor di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) cukup besar. Dari 521.000-an unit total produksi tahun lalu, 14 persen di antaranya adalah jatah untuk dikirim ke luar negeri, atau sekitar 170.000-an. Tahun ini, jumlah tersebut akan ditingkatkan meski diakui cukup berat.

Presiden Direktur ADM Sudirman MR, (10/4/2017), mengatakan bahwa tahun ini, peluang ekspor di pasar baru masih terus dicari. ”Targetnya masih sekitar itu (jumlahnya), soalnya pasar ekspor itu berat. Tim kami masih mencari peluang,” kata Sudirman.

Memang, dari jumlah ekspor 170.000-an unit tahun lalu tak semuanya pakai merek Daihatsu. Justru 70 persen di antaranya berlabel Toyota, meski produksi dilakukan ADM di Sunter dan Karawang. Ada Toyota Wigo, atau Ayla versi ekspor yang sudah masuk Filipina.

Kata Sudirman, Wigo sedang mencari pasar baru, di antaranya Brunei Darussalam. Beberapa produk juga direncanakan masuk Pakistan sampai Vietnam. ”Timur Tengah, Afrika, itu sudah pasar yang pasti. Kami masih mengembangkan di negara tetangga,” ucapnya.

Awalnya Ayla/Agya hanya ditujukan buat masyarakat Indonesia, tetapi ternyata Filipina bisa menyerap. Di sana Ayla atau Wigo ternyata booming, dari rencananya yang cuma 500 unit per bulan, kini membesar jadi 1.400 unit per bulan.

Rencananya Sigra dan Calya juga didaulat sebagai produk ekspor. Meski begitu, Sudirman belum mengungkap negara mana yang potensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com