Euro IV Jalan, Daihatsu Siap ”Luar-Dalam”

Kompas.com - 12/04/2017, 14:34 WIB
Pikap Daihatsu Hi-Max dibuat dengan konsep bisnis jasa pengiriman barang. Febri Ardani/KompasOtomotifPikap Daihatsu Hi-Max dibuat dengan konsep bisnis jasa pengiriman barang.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Demi mendukung aturan baru yang memayungi mobil-mobil rendah emisi karbon (LCEV), pemerintah sudah ketok palu soal standar emisi gas buang yang bakal meninggalkan Euro II ke Euro IV. Produsen rata-rata menyatakan siap, termasuk Daihatsu yang cukup banyak memainkan peran pada sektor ekspor.

Pradipto Sugondo, Executive Officer Research & Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa menghadapi standar emisi Euro IV, Daihatsu di Indonesia sudah siap. Hal itu karena pihaknya sudah terbiasa dengan kendaraan ekspor.

”Beberapa kendaraan kami ekspor ke negara maju, dan itu sudah standar Euro IV, bahkan lebih. Jika tiba waktunya, kami bisa penuhi syarat itu, sejauh ada dukungan dengan bahan bakar. Kalau tidak ada, yang menerima risiko adalah konsumen,” ujar Pradipto, (7/4/2017).

Investasi
Di luar kesiapan, ADM juga sudah melakukan persiapan dengan menghitung soal investasi. Soal ini, Presiden Direktur ADM Sudirman MR mengatakan bahwa pihaknya sudah berbicara intens dengan prinsipal soal investasi tambahan yang dibutuhkan.

Namun, Sudirman memberi gambaran, bahwa investasi tidak akan besar. ”Kan sekarang sudah Euro IV untuk komponen-kompnen ekspor. Ini yang akan dikembangkan, apakah bisa dilokalkan, karena komponen lebih banyak (masuk di industri) tier 1,” ujarnya.

Dirinya pun dengan tegas meyakini bahwa Euro IV akan berjalan tepat waktu, karena sudah di-launching pemerintah. Ketika sudah berjalan nanti, ADM sudah siap ”luar-dalam” termasuk lebih mudah ketika melakukan ekspor.

”Kalau semua sudah Euro IV, jadi lebih mudah, karena keseluruhan produk sudah memenuhi syarat. Kalau sekarang kan masih menghitung lagi, memisahkan antara kebutuhan lokal dan pasar ekspor. Kalau mencari pasarnya saja tidak ada kendala,” ucap Sudirman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X