Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euro IV Jalan, Daihatsu Siap ”Luar-Dalam”

Kompas.com - 12/04/2017, 14:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Demi mendukung aturan baru yang memayungi mobil-mobil rendah emisi karbon (LCEV), pemerintah sudah ketok palu soal standar emisi gas buang yang bakal meninggalkan Euro II ke Euro IV. Produsen rata-rata menyatakan siap, termasuk Daihatsu yang cukup banyak memainkan peran pada sektor ekspor.

Pradipto Sugondo, Executive Officer Research & Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa menghadapi standar emisi Euro IV, Daihatsu di Indonesia sudah siap. Hal itu karena pihaknya sudah terbiasa dengan kendaraan ekspor.

”Beberapa kendaraan kami ekspor ke negara maju, dan itu sudah standar Euro IV, bahkan lebih. Jika tiba waktunya, kami bisa penuhi syarat itu, sejauh ada dukungan dengan bahan bakar. Kalau tidak ada, yang menerima risiko adalah konsumen,” ujar Pradipto, (7/4/2017).

Investasi
Di luar kesiapan, ADM juga sudah melakukan persiapan dengan menghitung soal investasi. Soal ini, Presiden Direktur ADM Sudirman MR mengatakan bahwa pihaknya sudah berbicara intens dengan prinsipal soal investasi tambahan yang dibutuhkan.

Namun, Sudirman memberi gambaran, bahwa investasi tidak akan besar. ”Kan sekarang sudah Euro IV untuk komponen-kompnen ekspor. Ini yang akan dikembangkan, apakah bisa dilokalkan, karena komponen lebih banyak (masuk di industri) tier 1,” ujarnya.

Dirinya pun dengan tegas meyakini bahwa Euro IV akan berjalan tepat waktu, karena sudah di-launching pemerintah. Ketika sudah berjalan nanti, ADM sudah siap ”luar-dalam” termasuk lebih mudah ketika melakukan ekspor.

”Kalau semua sudah Euro IV, jadi lebih mudah, karena keseluruhan produk sudah memenuhi syarat. Kalau sekarang kan masih menghitung lagi, memisahkan antara kebutuhan lokal dan pasar ekspor. Kalau mencari pasarnya saja tidak ada kendala,” ucap Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com