Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Mesin Baru Agya 1.0L

Kompas.com - 08/04/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain urusan “make up”, New Agya hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu juga mendapat perbaikan dari sisi mesin. Berbicara untuk tipe mesin 1.0L tiga silinder yang digunakan sekarang sudah mengadopsi teknologi baru.

Toyota menyematkan unsur Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i), untuk menyempurnakan pembaruan dari Agya. Penambahan teknologi ini diklaim membuat getaran mesin bisa diredam, atau lebih baik dari sebelumnya.

“Mesin tiga silinder memang sudah banyak dibicarakan punya getaran lebih besar, dan ini yang sudah terasa berkurang di New Agya. Orang yang sudah terbiasa menggunakan mobil Agya 1.0L lawas, kemudian menjajal ini, akan terasa bedanya,” ujar Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Jumat (7/4/2017).

Gandhi menambahkan, poin lain yang masuk hitungan positif dari mesin baru ini adalah tenaganya yang bertambah dan efisiensi bahan bakarnya juga membaik. “Poin pentingnya terutama pada efisiensi bahan bakar sendiri,” ujar Gandhi.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM) menambahkan, kalau pengembangan mesin baru ini memang ke arah lebih baik. Khusus untuk mesin 1.0L, konsumsi bahan bakarnya naik dibanding sebelunya.

“Kalau Agya mesin 1.0L lama efisiensi bahan bakarnya di angka 21 kilometer per liter. Kemudian setelah dikembangkan lagi, saat ini menjadi 23 kilometer per liter. Ini juga sudah sesuai dengan ketetapan pemerintah,” ujar Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com