Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Ubahan Daihatsu Ayla 1.200 Cc

Kompas.com - 07/04/2017, 14:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pilihan baru yang lebih advance untuk Ayla, yakni dengan membenamkan mesin 3NR-VE 1.200 cc 4-silinder dual VVT-i. Mesin ini sama persis dengan yang dipakai model MPV Sigra-Calya, menjanjikan performa lebih baik dan minim getaran. Tapi lebih dari itu, banyak fitur dan hal baru yang membuat mobil ini naik kelas.

KompasOtomotif menjabarkan detail satu persatu mulai dari eksterior. Pada tipe 1.2L ini, Ayla mendapatkan tampang depan yang baru, hasil rekayasa tim desain internal yang dimotori Mark Widjaja, Chief Designer ADM. ”Kami mencari proporsi yang lebih baik pada beberapa titik,” kata Mark, (7/4/2017).

Ubahan pada eksterior terdiri dari bumper dengan aerokit. Bagian ini mendapatkan lampu siang (DRL dan rumah lampu kabut yang menyesuaikan desain. Gril baru, dengan ornamen garis krom. Menariknya, tarikan garis gril ini membekas pada lampu yang diwujudkan dalam LED position lamp. Lampu utama menggunakan model proyektor.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagian belakang, makin sporty.
Tarikan garis body kit menjalar ke samping, dipadu dengan pelek Alloy 14 inci dengan pinggiran warna hitam. Di belakang, bemper juga mendapat aerokit yang dikombinasi dengan reflektor. Lampu baru, pakai LED model ”L”. Pelengkapnya, ada wiper, list krom pada kaca, spoiler dengan lampu atas, dan muffler yang dipoles pakai krom.

Interior
Masuk ke kabin, ternyata juga banyak detail ubahannya. Setir sudah dilengkapi dengan tombol pengatur audio. Sistem hiburan 2DIN layar sentuh, menancap pada dashboard bernuansa paduan hitam dan silver. Jok naik kelas, pakai model semi-bucket, mirip mobil sport.

Ornamen pada door trim dan pembatas bagasi menambah kesan ekslusif. Lalu, kemewahan ini masih ditambah dengan beberapa sentuhan krom pada pinggiran lubang AC, tuas perseneling, dan handel bukaan pintu.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Interior naik kelas, ada audio 2DIN layar sentuh dan tombol pengatur pada setir.
Keamanan
Meski masuk di ranah LCGC, bukan berarti mengabaikan sistem keamanan. Ayla 1.2L semua tipe sudah pakai kantung udara depan, dikombinasi dengan sabuk pengaman pretensioner + force limiter. Ada sensor parkir dan immobilizer dan alarm.

”Karena makin kencang, kami menambahkan stabilizer pada suspensi belakang dan depan. Penguat bodi pada sasis juga ditambahkan untuk tipe 1.2L semua varian,” kata Pradipto Sugondo, Executive Officer RnD ADM dalam peluncuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com