Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Start” Manis Versys 250 Tonjok CRF250 Rally

Kompas.com - 04/04/2017, 18:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ucapan Michael Candra Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) soal Honda CRF250 Rally yang bukan pesaing Kawasaki Versis-X 250 bisa jadi terbukti. Paling tidak, dilihat dari start penjualan keduanya.

[Baca: Kawasaki Bicara soal Rival, Honda CRF250 Rally ]

Tapi tunggu, ucapan ”bukan pesaing” bisa berarti ganda. Pertama, bahwa Versys-X 250 bakal lebih moncer penjualannya. Arti lainnya, kedua model benar-benar tidak bisa disandingkan secara desain dan penggunaan (beda segmen). Mana yang benar? Bisa dua-duanya.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), kedua merek mulai start jualan model adventure 250 cc itu pada Februari 2017. Pada bulan pertama ini, Versys lebih unggul dengan penjualan 118 unit tipe standar dan 312 unit tipe Tourer. Total 430 unit.

Sementara itu, CRF250 Rally hanya dikirim ke diler Big Wing Honda sejumlah 90 unit. Jumlah yang sangat timpang. Dari sini, ”teori” arti ganda bisa lebih gampang dipahami.

Otomania/Setyo Adi Honda CRF250Rally saat dicoba konsumen dan komunitas di Ancol, Jakarta Utara
Mungkin saja, dua model ini memang beda segmen pengguna. Konsumen Versys-X 250 adalah orang-orang yang suka touring, menggunakan sepeda motor tidak lebih untuk perjalanan jarak jauh, meski sesekali menerabas medan off road ringan.

Sedangkan peminat CRF250 Rally adalah benar-benar orang yang ingin bertualang lebih jauh di medan off-road, meski tak mungkin juga dipakai untuk kebutuhan enduro karena tangki bahan bakar yang dianggap terlalu berat.

Atau, teori keduanya adalah Versys-X 250 memang bukan lawan CRF250 Rally dari sisi penjualan, alias Kawasaki belum menemukan lawan sepadan di segmen motor adventure ringan.

Saat diluncurkan, harga keduanya beda tipis. Versys-X 250 tipe City (standar) Rp 62,2 juta, dan tipe Tourer (paket aksesori lengkap) Rp 73 juta on-the road Jakarta. Sementara itu, Honda membanderol CRF250 Rally Rp 62,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com