Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Mudah Dilihat, Lampu Stop untuk Helm ”Biker”

Kompas.com - 04/04/2017, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

California, KompasOtomotifLampu stop dengan posisi tinggi (high-level brake lights) kini jadi tren. Produsen mobil rata-rata menerapkannya dengan tujuan agar ketika mengerem, pengendara persis di belakang mudah melihatnya, atau bahkan tampak sampai pengendara di belakangnya lagi.

Sayang, belum terpikir menerapkan hal serupa pada sepeda motor. Kendaraan roda dua tetap bertahan dengan lampu stop yang diposisikan di bagian bawah, selevel bodi, karena memang tak ada tempat untuk meletakkannya lebih tinggi.

Tapi produsen aksesori motor dari Amerika Serikat menciptakan BrakeFree, lampu stop untuk biker yang bisa dipasang pada helm pengendara bagian belakang. Alhasil, lampu stop kini setinggi mata memandang (eye level).

Menariknya, peranti ini tak perlu menggunakan kabel, atau bahkan aplikasi apa pun untuk terkoneksi dengan motor dan ponsel pintar. Pengguna tinggal memasangnya pada helm dengan peranti magnetik.

Cara kerjanya, alat ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kecepatan pengendara. Intinya, saat motor mulai pelan, lampu akan menyala. Apa pun kondisinya, termasuk teknik melakukan engine brake, atau saat Anda tidak menarik tuas atau menginjak pedal rem.

Perusahaan yang berbasis di California ini sedang mengumpulkan pemesanan, cukup dengan banderol 99 dollar AS, atau setara 1,3 jutaan. Berikut video promosinya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com