Kompas.com - 03/04/2017, 19:14 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Dengan revisi baru taksi online, mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) yang notabennya berkubikasi di bawah 1.300 cc bisa kembali beroperasi. Namun begitu, hal ini ternyata tidak serta merta memberikan dampak positif bagi penjualan LCGC, khususnya di segmen mobil bekas (mobkas).

Beberapa pedagang mobkas mengatakan, meski taksi online saat ini boleh kembali menggunakan LCGC, tapi sejak awal 2017 pasarnya cenderung stagnan.

"Dibilang berdampak (revisi taksi online) pasti ada, tapi pasarnya memang saat ini sedang lesu, tidak seperti awal-awal adanya taksi online," ucap Teddy salah satu pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (3/4/2017).

Menurut Teddy, untuk di MGK sendiri kecenderungan dari awal tahun lebih ke mobil menegah ke atas dengan jenis multi-purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang. Sedangkan untuk LCGC penjualannya sangat lambat, termasuk dua model terbaru, yakni Calya dan Sigra.

"Calya dan Sigra sudah mulai sering bekasnya, tapi putaran penjualan tidak sekencang yang diharapkan. Soal harga memang masih tinggi karena baru setahun, bedanya paling sekitar Rp 8 sampai Rp 10 jutaan dengan yang baru, tergantung kondisi ya," ucap Teddy.

Stanly/Otomania Harga Mobkas dari end user lebih mahal.

Kurang bergairahnya pasar mobkas LCGC juga ikut dirasakan Sunanta, penjual mobkas dari WTC Mangga Dua. Menurut Sunanta, LCGC saat ini sudah tidak selaris dulu.

"Kalau untuk taksi online justru orang carinya seperti Avanza dan Xenia, alasannya lebih ke harga jual lagi. Tapi sekarang juga sudah jarang, LCGC pasarnya juga berubah padahal harga tidak naik," kata Sunanta di waktu yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.