Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia dengan Bus PPD "Jadul"

Kompas.com - 30/03/2017, 19:23 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Warga Ibu Kota, sudah bisa nostalgia dengan bus model Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) beraksen jadul. Sebab, PT Transportasi Jakarta meluncurkan dua bus vintage series yang didesain mirip seperti bus PPD zaman dulu alias jadul.

Nah, buat Anda yang mau mencari pengalaman lebih nyata, bisa langsung juga datang ke pameran Indonesia Classic and Unique Bus (Icubus) di Hall B, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat yang tengarh bergulir hingga 1 April 2017. Sebab, bisa melihat langsung wujud asli dari bus PPD jadul.

Bus tersebut beroperasi di wilayah Jakarta pada 1980 silam. Unit yang bisa dilihat, yaitu Volgen OH 408 dengan merek Mercedes-Benz, tahun perakitan 1991, dan punya perum PPD.

"Dulu itu banyak produsen bus yang membuka lisensi di Indonesia. Salah satunya, yaitu Volgren Australia yang mendirikan Volgren Indonesia, dan membuat bus PPD ini," kata AM Fikri, koordinator Incubus 2017.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Bus PPD lawas dipamerkan pada Indonesia Classic & Unique] Bus yang menjadi bagian dari International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA), berlangsung hingga 1 April 2017, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (30/3/2017).

Bahkan, lanjut Fikri, di ruangan yang sama dihadirkan juga bus PPD berkelir vintage seperti model jadul. Tujuannya, kata dia ingin mengajak masyarakat Jakarta untuk naik bus lagi, seperti zaman-zaman dulu.

"Jadi seperti era 1960-1990-an, ketika itu awal bus menjadi transportasi andalan masyarakat Jakarta," kata dia.

Cikal bakal PPD bermula pada 1920 yang menyediakan Tram listrik kota Batavia, kemudian 1930 berganti nama menjadi Bataviache Verkers Maatschappij (BVMNV). Ketika itu mengoperasikan tram dan bus kota.

Selanjutnya, kembali ganti nama menjadi Djakarta Shinde Jakarta Tram pada 1942-1947 silam. Kemudian, pada 1954 pemerintah menasionalisasi BVMNV menjadi PT Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com