Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Pelek Kecil, Honda Scoopy Justru Lebih Tinggi

Kompas.com - 30/03/2017, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Dari beragam ubahan yang ada pada Honda Scoopy baru, sektor kaki-kaki menjadi yang paling signifikan. Scoopy baru kini mengusung pelek 12 inci dengan ban lebih besar, yakni 100/90 59J pada bagian depan dan 110/90 64J di belakang.

Meski lebih kecil dari model lama yang menggunakan pelek 14 inci, tapi secara dimensi ground clearance-nya justru makin tinggi, yakni naik tiga persen. Menurut Honda Research and Development Southeast Asia Izumi Kanazawa, kenaikkan tersebut bukan hanya akibat penggunaan ban tubeless saja.

"Tiga persen artinya lebih tinggi tujuh milimeter dari model Scoopy sebelumnya. Bisa tinggi bukan karena ban, tapi frame dan link frame baru yang jadi penyambung pada mesin," ucap Izumi saat berbincang dengan KompasOtomotif di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Menurut Izumi, secara diameter luar pelek sama dengan model lama, tapi frame baru tadi membuat ground lebih ke atas. Pengaplikasian pelek 12 inci lebih karena faktor kenyamanan. Pengendara Scoopy lama bisa merasakan bedanya saat mengendarai Scoopy baru, jauh lebih stabil baik saat bermanuver atau jalan biasa.

Stanly/KompasOtomotif Pelek 12 inci Scoopy

Dengan pelek Pelek kecil dikombinasikan dengan ban bertapak lebar membuat ban lebih menapak di permukaan aspal. Selain membuat laju motor lebih stabil, traksinya pun akan lebih optimal.

"Secara performa memang lebih baik yang 14 inci, tapi penggunaan pelek 12 inci akan lebih nyaman dikendarai dibanding 14 inci. Ban besar membuat pijakan ke aspal lebih rata, otomatis stabilitas lebih terjaga dan nyaman dikendarai," kata Izumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com